Wednesday, May 25, 2011

Email Phishing Dari administrator@yahoo.com

Hati-hati bila anda mendapatkan email dari administrator@yahoo.com. Sekali lagi, berhati-hatilah, ini bukanlah administrator Yahoo yang sebenarnya. Mungkin anda akan menerima email dengan subject sebagai berikut “Sorry your account has been suspended”, dan pasti anda akan penasaran, dan kemudian mendownload attachmentnya dan me-running attachmentnya. Selamat, anda telah terkena sebuah Malware dari Email

Begini modus penipuannya. Kita akan mendapatkan email, kurang lebih sebagai berikut

 

image

 

Ketika anda mendownload Attachment-nya, anda akan diminta untuk memasukkan password, seperti yang tertulis dalam emailnyaimage

Terbukalah file tersebut atas kemauan kita meng-unzip. Apa yang terjadi? Ada sebuah file executable menyamar dengan nama INFO.txt. Wew…

image

Perhatikan dengan seksama, bahwa Yahoo! TIDAK PERNAH mengirimkan suspension berupa email yang harus anda download, apalagi berpassword. Tujuan password tersebut hanya untuk mengelabui Scanner internal Yahoo! alias Norton AntiVirus

image

Ketika saya penasaran seperti anda, saya buka dengan sengaja (Tenang saja, saya tahu apa yang saya lakukan), nah, muncullah Warning dari Saptam Virus kesayangan saya,

image

Tentunya, dengan artikel ini, anda tahu apa yang harus anda lakukan sebelum membuka attachment dari email, dan terutama mengetahui kredibilitas pengirim email.

No comments:

Post a Comment