Sunday, January 3, 2010

Tahukah Anda: Sekarang ini Tidak Hanya Nokia Series 60 Keatas yang Bisa Update Firmware

Pada beberapa tahun lalu, kita dipaksa membeli Nokia Series 60 jika kita ingin HP kita bisa update firmware. HP Nokia Series 60 adalah versi hi end smartphone yang kalau baru minimal 2 juta rupiah. Dibawahnya ada Nokia Series 40 (HP Nokia baru 2009 yang harganya 400 ribu keatas dengan layar berwarna) dan Nokia Series 30 (HP Nokia monochrome dengan harga < 400 ribu).

 

HP Nokia series 40 merupakan HP Nokia yang juga cukup laris karena harga dan performa yang cukup. Mulai dari Nokia 2323 Classic yang harganya < Rp 475.000,00 sampai yang hi end Nokia X3 Express Music yang harganya bisa 1,8 juta. Kabar baiknya adalah sebagaian besar Nokia Series 40 yang baru sudah bisa diupdate. Anda dapat mendownload software Nokia Software Updater. Anda bisa memeriksanya disini dahulu sebelum mendownload program diatas.

 

Saya telah mencoba mengupdate Nokia 5130 Express Music yang harganya 1 juta lebih sedikit dan sukses. Saya mengupdate melalui label USB yang disediakan beserta PC Suite terbaru dan Software Update terbaru. Pastikan HP anda sudah bisa dikenali PC Suite terlebih dahulu. Berikut ini adalah buktinya:

 

Nokia_5130_Update

Gambar 1. Memperbarui Firmware Nokia Series 40

Pastikan sebelumnya anda melakukan full system backup untuk berjaga-jaga. Kalau anda memiliki laptop alangka baiknya update dilakukan di laptop. Hal ini untuk menghindari listrik padam di tengah-tengah proses update YANG MEMBUAT HP MENJADI RUSAK! Disisi lain saya juga memiliki HP baru Nokia 2323 yang masih belum diketahui apakah bisa diupdate / tidak. Belum sempat ngecek.

 

Back to basic, kenapa sih harus update firmware. Logikanya sederhana. Manusia makhluk sempurna. Tapi barang buatan manusia tidak sempurna. Handphone adalah barang buatan manusia (ya walaupun dibuat di pabrik tapi yang mendesain dari awalnya tentu saja manusia). Hardware kalau pas apes dapet handphone cacat ya wis. Paling-paling best case jual dengan harga sedikit rugi untuk menghindari rugi lebih besar. Tapi kalau software cacat? Anda masih bisa memperbaruhi / menguranginya dengan update firmware. Minimal firmware baru akan menambal masalah-masalah yang telah diketahui. Maksimal akan ada penambahan fitur baru dan meningkatkan performa.

 

Beberapa orang ada yang menggunakan algoritma terbalik. Selama hanphone tidak ada masalah tidak perlu mencari masalah baru dengan update firmware. Ya semua itu kembali kepada anda semua apakah yang anda pilih. Kalau saya lebih baik selalu yang terbaru untuk jaga-jaga, karena semua masalah yang mungkin timbul sudah ditambal.

 

Jadi kesimpulannya bagi anda pemilik Nokia series 40 jangan sungkan-sungkan untuk memperbarui firmware anda jika memungkinkan.

2 comments:

  1. Manusia makhluk sempurna. Tapi barang buatan manusia tidak sempurna --> sejak kapan manusia sempurna?

    ReplyDelete
  2. @lixz --> wah kurang satu kata yaitu "paling". Manusia makhluk paling sempurna. Itu jika dibandingkan dengan makhluk lain. Tapi tetap saja manusia tidak sempurna :P.

    ReplyDelete


Powered By Bloomberg