Tuesday, January 5, 2010

Keanehan Upload Foto di Facebook

Facebook merupakan salah satu situs jejaring sosial yang terpopuler dan tercanggih. Sayangnya kecanggihan Facebook agak ternodai dengan kemampuan mengupload gambar. Apapun gambar yang anda upload, Facebook akan me-resize ukuran gambar tersebut dengan ukuran maksimal 605 pixel. Saya tidak tahu bagaimana kok bisa 605 pixel.

 

Kalau mau membuktikan ucapan saya muda saja. Upload file berformat PNG dengan hanya diisi 1 warna ke Facebook. File PNG dengan resolusi 100 megapixel ( 10 ribu pixel x 10 ribu pixel) 1 warna hanyalah berukuran 100an KB. Ukuran file tersebut jauh lebih kecil dibangkan file jpg 605 pixel x 605 pixel dengan kompresi high. Tentu saja kalau anda mengupload file png 1 warna 1 megapixel ukurannya hanya beberapa KB.

 

Setelah berhasil diupload ke FB, silahkan buka foto tersebut. Pada Internet Explorer klik kanan pada foto tersebut dan pilih properties. Firefox juga kurang lebih sama. Maka akan terbaca dimensi dari gambar sebesar 605 x 605 pixel. Jika panjang dan lebar gambar tidak sama, maka ukuran terbesar akan dikecilkan menjadi 605 pixel dan ukuran yg terkecil akan menyesuaikan sesuai skala.

 

Ironisnya, FB mendukung upload video MP4 H.264 AVC dengan ukuran video HD 720p atau 1200-an x 720-an. Ukuran video ini merupakan ukuran terbesar ke 2 selain HD 1080p. Sedangkan kalau ukurang gambar juga terbesar kedua maka 18 megapixel seharusnya bisa.

 

Yang paling parah, semua gambar yang kita upload akan dikalikan empat. Contoh kita upload file 15 MB. Jika kita ukur selesai upload pasti hasil internet upload kita sebesar 60 MB. Lihat gambar 1.

 

UploadFB

Gambar 1. Upload Gambar pada Facebook = 4x ukuran aslinya.

Pada gambar 1, Windows Properties sebelah kiri atas adalah file yang akan diupload. Sedangkan bagian tengah itu adalah hasil upload internet. Pengalaman nyata sehari upload 15 MB gambar sampai malam terkumpul 225 MB upload. Tapi masih gagal. Dari 120 gambar hanya berhasil 100 gambar. Itupun pakai jurus pamungkas upload per 10 gambar.

 

Sejujurnya saya lebih suka Friendster ketimbang Facebook. Frienster lebih sederhana dan cepat tapi memiliki fitur yang cukup. Satu-satunya alasan kenapa saya belum kembali ke FS adalah karena jarangnya berita update dari teman-teman. Hari ini online ada berita A. Dengan asumsi berita berikutnya adalah urut abjad berita berikutnya adalah B, C, D, dan seterusnya. Pada FS besok saya buka beritanya hanya ada B atau C paling banter D. Pada FB hanya selang sehari sudah bisa berita Z. Itu saja sih. Seandainya di FS sudah bisa berita Z dalam satu hari maka saya tidak perduli yang namanya FB. P.S. Bagi yang belum tahu, Friendster merombak berar-besaran situs mereka menjadi lebih baik.

 

Akhir kata semoga Facebook dapat memperbaiki bug ini. Semoga juga Friendster dapat segera kembali laris manis seperti dulu.

No comments:

Post a Comment


Powered By Bloomberg