Tuesday, December 4, 2007

Saat Radeon dan Geforce Bersatu

Seperti yang pernah dibahas sebelumnya, Windows versi 6 dapat menggunakan berbagai macam hardware tanpa perlu install ulang. Bahkan ganti motherboard pun, tinggal install ulang driver motherboard baru!

Penulis pada awalnya menginstall Windows Server 2008 Enterprise X64 Release Candidate 0 [ED. Nama OS yang panjang banget] pada motherboard Biostar TForce 6100 AM2. Kerena motherboard ini "aneh", maka penulis ganti dengan Gigabyte GA-MA690G-S3. Setelah mengganti motherboard baru, Windows 2008 penulis tidak mengalami layar biru sama sekali. Penulis langsung menginstall driver update terbaru dari internet dan semua baik-baik saja.

Malah dengan motherboard ini prosesor Sempron penulis seolah-olah terasa 25% lebih cepat (bukti nyata menyusul di artikel lain). Waktu pertama kali install, penulis menggunakan GeForce 7300LE yang juga buatan Gigabyte. Kemudian untuk keperluan review motherboard, penulis memutuskan untuk melepas Geforce 7300LE dan mengganti dengan VGA onboard.

Waktu pertama kali booting, tentu saja VGA onboard Radeon X1250 ini tidak dikenali oleh Windows dan harus diinstall driver ulang. Pada installasi driver ke-2 ini, Catalist menawarkan untuk menginstall driver VGA. Setelah beberapa hari, penulis selesai mem-benchmark motherboard ini dan memutuskan untuk kembali memasang Geforce 7300LE.

Anehnya Windows lagi-lagi tidak mengenali Geforce 7300LE ini. Penulis terpaksa menginstall driver ulang Forceware. Setelah selesai install dan restart maka berikut ini ada kejadian menarik. Semua aplikasi front-end ATI (bukan driver), dapat mengenali Nvidia GeForce 7300 LE. Berikut ini adalah gambarnya:

GR

Gambar 1. Ati Catalyst Control Center

GR2

Gambar 2. Klik Kanan Pada Desktop

GCCC

Gambar 3. Aplikasi Ati Catalyst Control Center

PERHATIAN!!! MENGGANTI HARDWARE PADA WINDOWS VERSI 6 MEMANG SECARA TEKNIS TIDAK MENIMBULKAN LAYAR BIRU. TETAPI LISENSI YANG ANDA BELI SECARA LEGAL, TERUTAMA BILA ANDA MENGGUNAKAN OEM / YANG LEBIH RENDAH AKAN HANGUS!!! KECUALI ANDA MENGGUNAKAN SOFTWARE YANG BELUM FINAL ATAU ANDA MEMILIKI LISENSI VERSI OLP / VOLUME MAKA ANDA JANGAN MENCOBA MENGGANTI-GANTI HARDWARE ANDA. APALAGI KALAU OS ANDA WINDOWS VERSI 5 YANG JUGA OEM!!!

No comments:

Post a Comment


Powered By Bloomberg