Monday, November 26, 2007

Atasi Kelemahan Reduce Functionality Mode pada Windows

Jika Windows Vista atau Windows Server 2008 anda mengalami Reduce Functionality Mode (pengurangan fasilitas Windows akibat belum diaktifasi) dan anda memerlukan Windows mode penuh untuk melakukan aktifasi, berikut ini adalah tipsnya. Salah satu kelebihan Windows versi 6 adalah Windows tersebut memiliki hardware abstraction layer yang independen. Artinya Windows tersebut dapat menangani perubahan bermacam-macam hardware tanpa harus mengalami BSOD (Blue Screen of Death = Layar Biru Kematian), seperti pada Windows versi 5.

Tetapi walaupun secara software Windows versi 6 memiliki kemampuan tersebut, secara lisensi Windows versi 6 tetap seperti Windows versi 5. Kalau anda ganti motherboard, maka Windows versi 6 juga tetap minta aktifasi ulang. Bedanya anda tidak perlu menginstall ulang Windows versi 6 anda, cukup menginstall driver baru saja.

Keanehan Windows versi 6 adalah walaupun Windows versi 6 memiliki hardware abstraction layer yang independen, tetapi hanya dengan mengupdate driver bisa memicu aktifasi Windows.

Kembali ke topik, jika windows anda mengalami Reduce Functionality mode cara termudah adalah dengan menghubungi Microsoft. Bagaimana kalau anda memerlukan sebuah pekerjaan yang perlu diselesaikan secara langsung, misalnya anda menghadapi deadline? Jawabannya, gunakan Internet Explorer!

Pada Window Aktifasi kita diberi tiga pilihan:

- Activate by Internet

- Using Windows Reduce Functionality Mode

- Activate by Phone

- Enter new Windows serial

Pilih Using Windows Reduce Functionality Mode, kemudian Windows akan memanggil Internet Explorer. NAH INI TRIKNYA! Klik menu Favorites, klik kanan folder yang ada. Pilih Explore. DAN TERBUKALAH WINDOWS EXPORER. Kemudian masuk ke folder windows, misalnya pada C:\Windows. Dobel klik file namanya explorer.exe. DAN SECARA AJAIB, WINDOWS ANDA MENJADI WINDOWS YANG NORMAL. EIT JANGAN SENANG DULU, JANGAN PERNAH ANDA MENUTUP WINDOWS ACTIVATION!!! KARENA ITU BERARTI LOG OFF WINDOWS SECARA PAKSA.

Bekerjalah dengan Windows Activation tetap menyala. Penulis belum mencoba trik ini lebih dari 1 jam. Karena penulis selalu dapat mengakali Windows untuk aktifasi :D.

Skenario Worst Case (kemungkinan terburuk), anda waktu install lupa memasukkan serial, kemudian waktu berlalu 30 hari, anda memasuki Windows Fungsi Mode Terbatas. Dan anda diburu deadline. Maka anda dapat menggunakan cara yang ke-1. Bagaimana kalau 1 jam kemudian kita dipaksa log off?

Caranya: awal-awalnya langkahnya sama dengan yang di atas, cuma bedanya kita bukan dobel klik explorer, tapi "cmd.exe" pada "C:\Windows\System32".Tutup Semua windows selain windows aktifasi dan cmd ini, kemudian ketik mantra saktinya:

slmgr /rearm

Kalau sukses akan ada pesan berupa message box. Setelah sukses, restartlah Windows anda. Anda dapat menggunakan mantra sakti ini maksimal 3x. Jadi dari anda menginstall Windows tanpa serial + 3 mantra sakti ini, anda akan diberi kesempatan 120 hari untuk aktifasi windows. Kalau dalam 120 hari anda belum aktifasi juga, ya nasib baik anda sudah habis. hehehe.

Bonus: Gambar Windows Activation yang sudah diaktifasi:

WA

CATATAN:

- SEMUA INI MEMERLUKAN HAK ADMINISTRATOR.

- Windows versi 5 adalah Windows XP, 2000 - 2003 R2

- Windows versi 6 adalah Windows Vista - 2008

- Windows adalah (C) Microsoft :)

No comments:

Post a Comment


Powered By Bloomberg