Tuesday, December 4, 2007

Fitur Anti Pembajakan pada Vista SP1

Anda sudah tidak sabar ingin mencicipi Windows Vista SP1? Jika anda memiliki Windows Vista yang legal, maka teruskan perasaan anda :D. Tapi jika anda memiliki Windows Vista yang ilegal, maka anda harus menunggu lebih lama lagi.

Pasalnya pada Windows Vista SP1 telah dibangun fitur anti pembajakan yang baru. Menurut artikel ini, Vista SP1 akan mengalami perubahan saat Vista telah habis masa trial 30 hari tetapi belum diaktifasi. Masa ini dinamakan limited functionality mode atau Fungsi Mode Terbatas.

Pada Vista RTM, fungsi mode terbatas akan mengijinkan penggunaan browser selama 60 menit. Pada Vista SP 1, user akan diberi layar hitam, dan pilihan dialog apakah user ingin mengaktifkan Vista sekarang atau nanti. Jika user memilih sekarang, Vista akan membimbing user melalui proses aktifasi.

Tetapi jika user memilih nanti, Windows akan menjadi Windows normal tetapi dengan latar belakang hitam dan batasan 60 menit. Setelah 60 menit, sebuah dialog akan mengingatkan kita untuk mengaktifasi Windows dan mengubah latar belakang dengan layar hitam. Hal ini mirip dengan Windows XP yang gagal pemeriksaan WGA. Intinya daripada dipaksa log off seperti pada Vista RTM, pada SP1 user akan diperingatkan berulang-ulang.

Selain itu Microsoft juga memerangi dua hal yang sering digunakan untuk mengcrack Windows Vista. Kedua hal tersebuat adalah OEM Bios Emulation dan Grace Exploit. Pembahasan mengenai OEM Bios Emulation dapat dibaca di sini. Intinya adalah komputer kita dibuat seolah-olah adalah komputer OEM, dengan demikian kita dapat aktifasi Windows Vista secara OFFLINE.

Sedangkan Grace Exploit adalah memanfaatkan fitur Vista untuk memperpanjang waktu aktifasi. Tetapi dalam hal ini, hacker dapat melakukan ini secara tidak terbatas. Penulis juga sudah pernah membahas tentang hal ini. Tapi semua hal tersebut hanyalah mengulang masa lalu. Selama Vista terkenal, sehebat apapun anti pembajakan yang dipasangkan, tetap akan bobol.

Lain halnya kalau itu adalah program buatan lokal :D. Walaupun cuma pakai perlindungan sederhana saja, selama tidak terkenal maka dijamin orang tetap tidak dapat mencari serialnya di mana-mana. Kecuali orang tersebut hacker yang bisa melacak algoritma serialnya.

Demikianlah Microsoft vs Pembajak telah memasuki babak baru. Salut untuk Microsoft yang mempermudah "Grace Period" pada Vista SP1. Salut juga karena beberapa program populernya tetap tidak diberi keharusan aktifasi. Beberapa program tersebut adalah Visual Studio 2008 dan SQL Server 2008 (semoga). Penulis akan mengupdate pertarungan ini apabila ada yang baru (U know what I mean :D).

Sumber: Microsoft to beef up anti-piracy checks in Vista SP1

No comments:

Post a Comment


Powered By Bloomberg