Sunday, December 20, 2009

Hancurnya Dunia Handphone Indonesia: Makin Banyak Bermunculan HP “Iphone”

Saya sangat prihatin sekali dengan kemunculan banyak sekali HP Iphone akhir-akhir ini. HP IPhone ada sebuah istilah sindiran yang diambil dari kisah nyata. Dahulu kala Iphone sebelum Iphone 3G, memiliki banyak sekali fitur canggih dan keren. Masalahnya fitur utama yang paling penting dalam sebuah HP malah tidak ada. Fitur penting itu adalah jaringan. Iphone secara HP dapat dikatakan fiturnya terdepan. Tetapi fitur inti jaringan sangat terbelakang sekali. Iphone yang mendukung jaringan 3G baru keluar setelah HSDPA keluar beberapa tahun. Iphone yang mendukung HSDPA malah lebih lama lagi keluarnya. Entah kenapa untuk urusan jaringan Iphone selalu ketinggalan.

 

Karena itu istilah HP “Iphone” juga mengacuh pada hal yang sama. Istilah ini mengacuh pada HP yang memiliki fitur aneh2 tapi jaringannya masih belum yang terbaru. Saya tidak yakin penerus Iphone 3Gs akan mendukung jaringan HSDPA+. Coba saja lihat merek HP-HP lokal di koran. Ada yang bisa nonton TV. Ada yang QWERTY. Mungkin ada yang layar sentuh. Serta banyak fitur keren lainnya. Masalahnya semua HP itu cuma 2G. Jangankan HSDPA, 3G aja belum. Benar-benar kembali ke jaman batu.

 

Best case sih mungkin marketing mereka sudah survay HP-HP aja saja yang laku dan cocok untuk pangsa pasar di Indonesia. Tapi ya yang realistik. Masa cuma GPRS atau paling banter EDGE. Minimal paling baru kedua gitu. Karena jaringan paling baru HSDPA+, maka HP-HP tersebut harus mendukung HSDPA untuk GSM dan EVDO rev A untuk CDMA.

 

Selama ini saya salut dengan Smart. Operator yang satu ini tidak terpengaruh untuk mengeluarkan HP Iphone. Semua handphone mereka mendukung EV-DO. Kecuali tentu saja yang Rp 400.000 yang model lama itu. Tapi maksud saya handphone baru keluaran mereka sudah EVDO semua. SAMPAI HARI INI! Tadi saya melihat iklan HP Smart QWERTY 1 jutaan. HP QWERTY Smart yang 1 jutaan ini tidak mendukung EV-DO. Smart pun akhirnya mengeluarkan HP IPhone.

 

Yang juga tak kalah parahnya adalah Samsung dan LG mengeluarkan QWERTY 1 jutaan. Dapat ditebak hp itu tidak mendukung 3G. Nokia sendiri walau tidak seektrim itu tapi masih juga tidak mengeluarkan HP HSDPA 1 jutaan. Satu-satunya HP HSDPA Nokia yang mau hilang yang mungkin murah hanyalah Nokia 6120. LG yang pamer-pamer promo 3G for all akhirnya juga hancur sendiri. QWERTY 2G LG.

 

Kenapa sih 2G itu tidak boleh ada lagi? Satu karena sudah ketinggalan jaman. Berhubungan dengan itu, sekarang banyak sekali HP canggih yang bisa nonton Youtube di HP. Dengan layar resolusi yang lumayan padat, nonton youtube juga membutuhkan video dengan bandwidth tinggi. Kecuali kalau pikirannya HP 400 ribu jaman kuno. Anyway semoga vendor2 besar dapat membaca surat ini dan membuat hp yang bagus dan murah :).

2 comments:

  1. Duit? Ya intinya HP buat telp + sms. Itu dinomor satukan. HSDPA wis lama kok keluar e, tahun 2006 lek gak salah. So? Gak ada alasan mahal karena premium. Kenapa tidak dibuat lebih ekstrim aja, HP murah bisa buat main game 3D, layar super besar, keybord enak, tapi gak bisa buat telp =)). Sama toh ama yang ini.

    ReplyDelete


Powered By Bloomberg