Friday, October 16, 2009

Negara Finlandia Akan Menjadi Negara Pertama Yang Membuat Internet Broadband Menjadi Hak Legal

YLE melaporkan bahwa mulai Juli tahun depan, semua orang di negaar Finlandia akan memiliki hak untuk sebuah koneksi internet broadband satu megabit per detik (bukan 6 KB/s seperti “The new and improve real “HSDPA” Telkomsel Flash Unlimited yang limited itu). YLE juga mengatakan bahwa Menteri Transportasi dan Komunikasi negara Finlandia akan menjamin bahwa pada tahun 2015, koneksi internet akan ditingkan sampai 100 megabit per detik.

Denga populasi penduduk 5,5 juta, negara Finlandia adalah negara pertama tapi tidak yang terkahir. Negara Eropa lainnya diharapkan akan mengikuti langkah yang sama, termasuk Inggris.

Tidak dijelaskan dalam berita kapan Menkominfo kita akan menjamin bahwa pada tahu berapa entah semua warga negara Indonesia akan mendapatkan Internet broadband secepat berapa juga. Yang jelas Mekominfo kita tahun lalu sudah berjanji akan menurunkan tarif internet. Ternyata realisasinya sampai dia habis masa jabatannya adalah bukannya tarif yang turun tapi kecepatan.

Dulu Telkomsel Flash Unlimited yang effisiensinya parah sekali saja jelek apalagi sekarang. Dulu maksimal 250 KB/s padahal HSDPA yang sebenarnya sekitar 461 KB/s. Effisiensi yang sangat buruk ini tentu saja buruk. Anggap 461 KB/s = Nilai ulangan 100. Maka 250 KB/s adalah nilai ulangan 54,2. Alias GAK LULUS!. Minimal untuk lulus adalah nilai 56 itupun bisa dibilang untung2an. Paling ndak minimal adalah 60% itupun juga NGEPAS. Biar bagus nilai ujiankan harus 90 ketas.

Saya sangat ingin sekali waktu baca Jawa Pos ada berita seperti ini: Menkominfo xxx di Kabinet Indonesia Bersatu II telah membuat Undang Undang Internet. Salah satu pasal penting adalah peningkatan kecepatan internet dua kali setiap tahun dengan harga yang sama. Kalaupun tidak bisa yang dilakukan dibalik. Kecepatan tetap sama tapi harga jadi 50% lebih murah.

Lama-lama saya jadi ingin pindah ke Negara Finlandia nih. Ah stop membayangkan yang tidak-tidak. Bagi anda yang ingin internet cepat dan murah di Indonesia, belajar yang giat! Loh hubungannya apa? Hubungannya kalau anda berprestasi dan menonjol anda bisa jadi entah Dirut Telkomsel atau Menkominfo atau Dirut-dirut internet yang lain. Lalu kalau anda sudah menjadi hal itu anda bisa mewujudkan cita-cita anda yang dulu.

 

Sumber:

Tomshardware

No comments:

Post a Comment


Powered By Bloomberg