Thursday, September 24, 2009

Tahukah Anda: Chatting itu Boros Bandwidth

Tahun 1998 memang chatting hanya berupa text atau email juga berupa text. SEBELAS TAHUN KEMUDIAN Yahoo Messenger! telah mencapai versi 10 beta dan Windows Live! Messenger telah mencapai versi 14.

Apa bedanya? Beberapa tahun lalu kita booming Skype! (kenapa sih semua brand suka memberi tanda seru?). Pada saat itu hanya orang gak beres yang mau chatting dengan ngetik huruf di Skype!. Tujuan utama orang pakai Skype! tentu saja untuk chatting seperti telepon. Mereka ngobrol via VOIP.

Melihat potensi ini Yahoo Messenger! dan Windows Live! Messenger ramai-ramai memperbaiki fitur VOIP mereka. Hasilnya bagus sekali. Kualitas suara sudah tidak berbeda dengan Skype!.

Kemudian ada benda yang bernama webcam. Chatting pakai webcam tentu bukan barang mewah. Apalagi admin ficforlife ini bisa mendapatkan webcam dulu sih sekitar 200 ribu. Mungkin sekarang sudah kurang dari itu. Di Bhinneka webcam termurah juga sekitar segitu. Yahoo Messenger! dan Windows Live! Messenger sudah lama mendukung webcam.

Jaman sekarang webcam biasa sudah basi. Ada webcam HD. Tentu saja walau fitur ini sudah didukung YM (super webcam) dan WLM tapi anggap saja fitur ini masih belum waktunya prime time. Fitur terbaru Yahoo! Messenger 10 beta malah bisa Video Call. Sama juga ini fitur baru jadi masih belum prime time.

Intinya adalah chatting sudah bukan jamannya ngetik di keyboard pakai huruf. Sudah normal untuk chatting sambil melakukan hal lain. Bahkan chatting tanpa melihat messenger, kecuali untuk melihat wajah lawan bicara kita. Karena kita bisa menggunakan wireless headphone yang ada mic juga dan webcam untuk chatting. Hal ini mirip dengan Blackberry yang lagi ngetren. Kalau BB yang tidak berguna itu aja bisa booming kenapa chatting tanpa ngetik tidak bisa?

Semoga orang Telkomsel Flash membaca artikel ini.

No comments:

Post a Comment


Powered By Bloomberg