Monday, September 28, 2009

Serba-Serbi Internet Tercepat di Indonesia: Smart EV-DO

Akhir-akhir ini Indonesia sedang heboh internet cepat SMART EV-DO. Dengan teori 3,1 mbps download dan praktek 2,7 – 2 mbps download maka dalam ukuran Indonesia dapat dikatakan “goes like hell” alias cepat baget. Ada yang mencoba katanya download 200 MB dalam 20 menit itu artinya sebulan dapat 30 hari * 24 jam * 60 menit * 200 MB = 8,23 TB. = 8437,5 GB.

Kecepatan ini hampir 2 – 3x kecepatan Telkomsel Flash waktu jaya-jayanya yang sekitar 1,2 mbps. Ok cukup untuk teori :P. Inti artikel ini adalah saya tadi barusan ke Galeri Smart. Keunikan Galeri Smart adalah konsep tidak ada no telp untuk semua Galeri. Kata CSnya sih nanti kalau diberi no telp, CS yang dipusat nganggur donk. Galeri ini hanya untuk melayani pelanggan yang datang ke sana, bukan melalui telp. Sebuah konsep yang aneh.

Beberapa waktu di koran ada iklan Smart EV-DO. Disana ada 2 modem dan 2 macam harga. Ternyata maksudnya 2 harga itu adalah cara bayarnya mau pasca bayar / pra bayar. Kedua-duanya support EV-DO. Bedanya (kalau dilihat itu adalah gambar 2 modem yang berbeda) yang kurus itu modem ZTE single band 1900 saja, sedangkan yang gendut itu kalau tidak salah Hua Hwei yang mendukung dual band EV-DO.

Untuk mendapatkan Smart EV-DO anda terserah mau memilih modem yang mana. Kedua-duanya bebas anda pilih. Lalu untuk pembayaran anda mau “gratis” modem dengan berlangganan paket setahun atau bayar putus. Kabar gembira lainnya adalah menurut teman saya dan sudah dikonfimasikan ke Galeri di WTC, kedua modem tersebut mendukung Windows 7 64 bit :). Sudah tidak jaman 64 bit dianak tirikan.

Menurut sumber dari dalam, di Mojokerto sedang ada trial BTS EV-DO Smart di Meri. Meri itu adalah kawasan dekat dimana Galeri Smart berada. Semoga saja segera bisa menjadi SMART EV-DO Nasional dari Sabang sampai Merauke :).

No comments:

Post a Comment


Powered By Bloomberg