Sunday, September 20, 2009

First Indonesian 3G

Ingat tidak waktu beberapa tahun lalu ada iklan 3G Pertama di Indonesia? Waktu itu iklan ini muncul berulang-ulang. Iklan tersebut menyatakan bahwa sebuah operator telah memecahkan rekor di Indonesia dengan menyelenggarakan jaringan 3G.

Beberapa tahun sejak iklan itu hilang telah berlalu. Berikut ini hasilnya:

Jaringan

Gambar 1. First Indonesian 3G

Di sebuah kota dekat kota terbesar kedua di Negara ini, tidak ada singnal 3G. Operator pertama 3G di kota ini telah masuk hampir sekitar 2 tahunan. Operator kedua 3G barusan masuk awal tahun 2009. Sedangkan operator yang diiklan ini sampai sekarang tidak ketahuan jejaknya. Mirip janji kampanye saja. Yang lebih parah lagi kalau tanya Customer Service pasti jawabannya apa yang teman saya bisa jawab. Apa gunanya saya tanya CS kalau teman saya tahu jawabannya?

Contoh pertanyaan sederhana: Kapan BTS EV-DO ada di kota saya? CSnya pasti jawab segera. Tidak tahu. Belum ada rencana. Dan jawaban-jawaban lain yang teman saya juga bisa jawab gitu. CS yang baik pasti bilang minimal seperti ini, rencananya akhir tahun 2009 atau jawaban sejenis. Tapi juga ditepati. Jangan kasih waktu tapi ngawur.

No comments:

Post a Comment