Friday, July 3, 2009

Salut Untuk DELL

Seringkali saya mendengar berita tentang salah pasang harga dan mereka bertanggung jawab. Mungkin beberapa pembaca ragu-ragu mengenai kebenaran beritanya. Hari ini ada kejadian terbaru. Dell salah pasang harga LCD 19” manjadi $15. Harga LCD asli DELL adalah $229, karena suatu kesalahan setelah didiskon harganya tinggal $15. Kesalahan harga ini berlangsung selama 8 jam.

Selama 8 jam itu ada kurang lebih 26.000 orang membeli 140.000 LCD dengan total kerugian $18.000.000 ($18 juta). DELL akhirnya bertanggung jawab mengirimkan LCD tersebut dengan harga $15. Hal ini merupakan bentuk tanggung jawab yang harus ditiru. Toh kesalahan ini merupakan kesalahan dari DELL sendiri bukan pihak lain. Dari jaman dulu banyak berita kesalahan semacam ini, dan semua terpaksa merugi sebagai bentuk tanggung jawab mereka. Mereka antara lain Amazone, IBM, dan sebagainya.

Semoga DELL Indonesia juga bisa seperti ini ketika mereka melakukan kesalahan yang sama. Mengalami kerugian seperti diatas memiliki sebuah hal yang positif. Hal ini adalah perusahaan akan TAKUT melakukan kesalahan serupa karena ruginya banyak dan akan lebih berhati-hati.

Sayangnya hal ini jauh berbeda dengan perusahaan di Indoensia yang terkesan cuek dan selalu melakukan kesalahan yang sama. Mereka melakukan kesalahan yang sama karena kesalahan yang lama tidak berakibat fatal. Kapan Indonesia bisa maju kalau bentuk tanggung jawab sekecil ini saja tidak bisa dilakukan.

Sumber:

Tomshardware

No comments:

Post a Comment


Powered By Bloomberg