Friday, July 3, 2009

Networx Penganti DUMeter Yang Gratis dan Legal

Pada beberapa artikel terdahulu telah dibahas NetMeter sebagai penganti DUMeter. Saya sempat mencoba NetMeter kemudian tidak suka karena NetMeter kekurangan satu fitur penting. Fitur itu adalah pemutusan koneksi dial up dengan syarat tertentu. DUMeter ada fasilitas ini sehingga memungkinan komputer untuk download secara optimal dan otomatis (link 1, link 2) bila digabung dengan CiDial.

Dulu saya sempat melihat Networx. Tapi karena situs tempat saya melihat Networx kurang mendukung, saya mengira Networx adalah program komersial seperti BWMeter. Hari ini saya baru tahu kalau Networx merupakan program freeware. Setelah menginstall dan mencoba, saya berpendapat bahwa Networx lebih hebat dari DUMeter. Lihat gambar 1.

Networx_Vs_DuMeter

Gambar 1. Networx vs DUMeter

Pada gambar kotak biru artinya kita bisa memutus koneksi dial up yang sedang aktif. Kotak merah mudah menunjukkan syarat yang diperlukan agar dial up yang sedang aktif diputus. Misalkan kecepatan kurang dari 10 KB/s putuskan internet. Nanti dengan Cidial koneksi yang putus ini akan disambung lagi. Hal inilah yang akan membuat berinternet di Indonesia lebih optimal.

No comments:

Post a Comment