Saturday, May 2, 2009

Mengenali Wajah Dengan Picasa

Tahukah anda ada banyak hal yang dapat merubah dunia. Mulai dari pintu yang dapat membuka sendiri sampai tranporter. Hal-hal itu memang asalnya dari film dan merupakan imaginasi saja. Tapi dasar manusia / yang namanya manusia, mereka bisa membuat hal imaginasi menjadi nyata.

Diantara sekian banyak hal itu yang mau dibahas disini adalah pengenalan wajah. Bahasa kerennya Face Recognition. Google saat ini hanya bisa mencari text. Memang ada Google Image, tapi Google hanya mencari gambar berdasarkan text / tag. Maksudnya input = text, proses juga text html biasa, output kode html yang berupa gambar. Hal ini sama dengan google biasa, kecuali outputnya yang berupa text pada google.

Diam-diam Google sudah mengembangkan pengenalan wajah yang canggih. Disebut diam-diam, karena fitur ini tidak masuk berita besar-besaran. Selain itu fitur ini juga hanya tersedia secara pribadi. Pribadi disini maksudnya foto untuk satu account. Contoh: saya memiliki foto pada Picasa Web Album yang mengandung foto Adi Sutanto. Adi Sutanto juga memiliki fotonya sendiri di Picasanya. Saya tidak dapat mencari foto Adi Sutanto di Picasanya Adi Sutanto. Itulah maksud pribadi. Beda dengan Google biasa. Mau websitenya siapa, asal tidak dilarang oleh robot, pasti ikut dicari.

Ok. Cukup untuk tiga alenia teorinya. Mari kita praktek :D. Pertama pastikan anda sudah memiliki Google ID, entah email Gmail / email lain yang sudah didaftarkan. Berikutnya masuk ke Picasa Web Album. Google tidak secara membuatkan account picasa bersama Google ID. Langkah kedua upload foto anda. Agar lebih mudah anda bisa download program Picasa 3. Sekedar saran upload foto yang cukup jelas dan megapixelnya lumayan. Jangan terlalu rendah juga jangan terlalu tingggi.

Langkah ketiga login kembali ke Picasa Web Album. Klik tombol di tengah kanan untuk mulai mencari orang. Tunggu sebentar. Picasa akan mencari wajah dari tiap foto anda. Picasa akan menawarkan anda untuk mulai menamai orang. Perbedaan dengan sistem lama (tag) adalah anda tidak harus memberi tag untuk setiap foto. Melainkan untuk beberapa foto yang sama. Satu foto bisa beberapa wajah. Satu wajah bisa muncul di banyak foto. Lihat gambar 1.

Face Recognition 2

Gambar 1. Picasa Face Recognition

Jika anda telah selesai anda masuk ke tab People (Maaf, saya mengunakan versi Inggris, tapi anda dapat dengan mudah menerjemahkan ke Indonesia). Anda akan diberikan tampilan seperti ini:

Face Recognition

Gambar 2. Picasa Mengenali Wajah.

Prinsip pencarian orang adalah foto yang mengandung orang. Bukan foto yang berisi orang. Misalkan ada satu foto isinya Tono, Tini, Budi, Adi, Fellix. Anda mencari Adi dan Fellix. Maka foto itu tetap keluar, karena foto itu mengandung Adi dan Fellix. Dengan fitur ini, maka kita dapat dengan cepat mengenali semua orang yang ada di foto kita dengan cepat dan akurat. Dua kelemahan hal ini, satu fitur ini tidak tersedia pada Picasa 3 versi Offline. Yang kedua minimal pengenalan wajah bisa digabungkan dengan album teman kita, bukan hanya milik kita. Album teman kita tentu saja yang sudah disetujui oleh teman kita untuk kita lihat.

Akhir kata semoga artikel saya ini bermanfaat. Serta Selamat Ulang Tahun kepada salah satu teman terbaikku Adi Sutanto yang juga merupakan Editor dari blog ini. Semoga Adi dapat diberikan hal-hal yang baik yang diinginkannya. Di met Ultah :).

No comments:

Post a Comment


Powered By Bloomberg