Thursday, March 5, 2009

[How To] Perbaiki Komputer Matot (Mati Total)

Pernahkah Anda mengalami gejala komputer Anda seperti ini :

  • Komputer hidup, fan CPU dan PSU hidup, lampu indikator ON, tapi tidak terdengar beep POST?
  • Sama seperti di atas, namun layar hitam tanpa ada indikasi POST?
  • Sama seperti di atas, namun tidak ada tanda kehidupan?

Mungkin BIOS anda sudah rusak, bermasalah. Saya mendapatkan "pasien" seperti itu kemarin. Saya cukup kebingungan, apalagi Motherboardnya ZYREX (meski casingnya bukan Zyrex). Pentium 3, 733Mhz. Memory 128MB.

Sore ini, saya mencoba untuk membongkar casingnya. Setelah mencopot "pintu" casing samping, dengan obeng saya congkel baterai BIOS, saya biarkan selama sekitar 1 jam (saya tinggal dari jam 5 sampai jam 6 lebih 10 menit). Lalu saya pasang kembali baterai BIOS - dan voila, semua berfungsi seperti sediakala.

Sebenarnya apa yang terjadi? Chip BIOS merupakan memory non volatile sama seperti RAM, dimana ia tidak dapat menyimpan data jika tidak ada aliran listrik. Dengan mencabut baterai BIOS maka secara "logika" anda bisa menyimpulkan bahwa isi chip BIOS terhapus kembali seperti semula/awal. Saya membiarkannya cukup lama karena mungkin di chip masih ada sisa listrik yang menampung data selama beberapa waktu, dan saya menginginkan listrik itu hilang dan data BIOS terhapus seperti semula

Kalau nggak ada batere BIOS, apa yang terjadi?? Masih ingatkah Anda ketika masih jaman DOS, ketika Anda selalu disambut dengan kalimat di bawah ini :

   Enter new time (HH:MM:SS) : 
   Enter new date (MM/DD/YYYY) :

   MS-DOS Version 5.01
   (C) 1989 Microsoft Corp.

   A:\>

Dua kalimat pertama merupakan hal yang terjadi bila BIOS tidak dapat menyimpan setingan tanggal, entah karena baterai BIOS dicabut maupun baterai BIOS habis

Jika baterai BIOS habis, apa yang bisa saya lakukan? Pergilah ke toko baterai / jam tangan, dan belilah baterai CR2032. Ingat serinya, CR2032. Jika Anda tidak yakin ketika membelinya, minta kepada orang yang bisa membongkar komputer untuk mencabut baterai BIOS dan bawa baterai itu ke toko. Harganya sekitar Rp. 10.000 (estimasi/perkiraan). Salah satu tempat yang menyediakan baterai itu di Hi-Tech Mall lantai 1, nama tokonya Sarangnya Baterai Center. Di deretannya yang jual notebook bekas.

Mungkin pengalaman saya ini bisa membantu Anda ketika Anda masih mempunyai komputer yang cukup lama, dan ingin Anda bangkitkan.

No comments:

Post a Comment