Sunday, February 1, 2009

Rahasia Memilih LCD dengan 8 bit Panel / Warna Dengan Mudah

Pada artikel sebelumnya saya telah menjelaskan cara sulit untuk mengetahui apakah LCD tersebut menggunakan 6 bit panel / warna atau 8 bit panel / warna. Setelah seharian kemarin browsing mencari LCD yang bagus dan murah, akhirnya malam sebelum tidur saya baru menemukan cara mudahnya.

Anda tidak perlu mencari tahu panel ataupun yang lain. Yang anda perlu lihat adalah dukungan warna! LCD dengan panel 6 bit / warna akan mengatakan mendukung 16,2 juta warna. Sedangkan LCD dengan 8 bit / warna akan mengatakan mendukung 16,7 juta warna. Setelah saya mendapatkan info ini dari sebuah website, saya pun melakukan konfirmasi.

Hasilnya ternyata memang benar. Banyak LCD hanya mendukung 16,2 juta warna. Sialnya marketing yang edan ini benar-benar hebat. Saya yang seharian melihat spek LCD sampai tidak teliti. Dengan hanya berbeda 1 digit dibelakang koma, saya hampir melewatkan detail ini. Lagi pula emang ada LCD yang mendukung 16 juta warna selain 24 bit atau 16,7 juta warna? Jadi begitu lihat dukungan warna 16 saya langsung loncat / abaikan.

Hasil penyelidikan mengemukakan bahwa hampir semua monitor LG yang dijual di Indonesia mendukung 16,2 juta warna. Pada halaman resmi Samsung ada yang mendukung 16,2, ada yang 16,7 juta warna. Sedangkan pada DELL semua yang menggunakan huruf depan (seri E / S), pasti hanya mendukung 16,2 juta warna. Kalau ingin membeli DELL belilah seri UltraSharp yang sampai saat ini masih aman mendukung 16,7 juta warna.

Penyedikan berikutnya di Google Product dengan keyword nama perusahaan + color + 16,2 warna mengemukakann bahwa banyak juga produk Asus, Acer, dan BenQ, serta ViewSonic yang mendukung 16,2 juta warna. Jadi kesimpulannya kalau anda membeli LCD cari yang mendukung 16,7 juta warna.

No comments:

Post a Comment