Saturday, January 31, 2009

Hati-hati membeli LCD 2009

Tahun 2009 ini merupakan tahun jebakan untuk membeli LCD. Hal ini dikarenakan demi menekan harga penjual LCD lebih memilih panel 6 bit / warna. Dengan demikian secara nyata LCD tersebut hanya mampu menampilkan warna 18 bit secara nyata. Anda semua sudah pasti menggunakan 32 bit warna. Warna 32 bit itu sebenarnya adalah 24 bit, dengan masing-masing warna 8 bit.

Bagaimana mungkin menampilkan warna 8 bit dengan panel 6 bit? Jawabanya emulasi! Ini mirip-mirip seperti zoom digital, resolusi interpolasi, dll yang merupakan spek bohongan. Tentu saja tidak mudah mengetahui apakah LCD tersebut menggunakan panel 8 bit / 6 bit. Hal yang lebih aneh lagi adalah [sekaligus ralat dari artikel sebelumnya tentang memilih monitor yang bagus] monitor LCD jelek yang menggunakan 6 bit panel tadi mengklaim kalau mampu menampilkan gamut yang tinggi.

Padahal untuk menampilkan warna biasa saja masih pakai emulasi / interpolasi, tapi ngaku-ngaku bisa menampilkan gamut 90% lebih NTSC. Anda kalau membaca gamut jangan dilihat persentasenya saja. Lihat juga dibandingkan dengan apa. Ada yang membandingkan dengan Adobe SRGB, SRGB biasa, ataupun NTSC. Warna yang paling bagus tentu saja kalau bisa mendekati Adobe SRGB.

Untungnya pembaharuan yang lebih jelek ini bisa dihindarkan minimal untuk monitor DELL. Pada wikipedia telah ada artikel khusus yang membahas tentang monitor DELL. Dari halaman itu terlihat bahwa jajaran monitor baru DELL kebanyakan menggunakan panel 6 bit. Hampir semua monitor DELL yang tipenya diawali huruf S / E menggunakan panel 6 bit. Perkecualian untuk satu monitor yang tidak diketahui berapa bit.

Yang lebih parah lagi, monitor DELL yang baru-baru juga mulai sedikit yang ditulis menggunakan panel 8 bit. Beberapa menggunakan panel 6 bit, dan beberapa tidak diketahui. Dan yang paling super parah kalau misalnya monitor merek lain mulai mengikuti cara ini maka yang dicapai bukan kemajuan teknologi, tapi kemunduran. Pada artikel sebelumnya telah dibahas tentang monitor 10 bit. Seharusnya semua monitor menuju kesana. Itu baru kemajuan teknologi. Tapi kalau balik dari 8 bit ke 6 bit / warna ya namanya kemunduran teknologi.

Dibalik itu semua hampir semua spek monitor menyembunyikan jenis panel yang digunakan, apalagi kemampuan menampilkan berapa bit / warna panel tersebut. Jadi lebih baik anda tanya CSnya apakah LCD yang anda beli menggunakan panel 8 bit / 6 bit? Bagi anda yang membeli monitor baru-baru pada awal 2008 mungkin anda beruntung mendapatkan 8 bit / panel. Kabar baik, anda dapat mencari jenis panel di sini. Lalu silahkan googling untuk mencari spek panel tersebut di website perusahaan.

Tidak cuma DELL, penyelidikan lebih lanjut menunjukkan LG juga melakukan hal yang sama. Anda dapat membaca pdf halaman 7 yang dapat didownload pada halaman ini. Pada halaman 7 bagian monitor dapat dilihat kecuali tipe yang >24", semua menggunakan 6 bit panel. Benar-benar kemunduran untuk LG. Sebagai catatan LG dan Philips merupakan gabungan yang memproduksi panel mereka sendiri. Tidak seperti DELL yang sudah pasti menggunakan panel milik orang lain.

Saya sebenarnya lagi mencari-cari LCD yang murah dan bagus. Tapi tentu saja sebagai power user saya tidak mau tertipu / ditipu. Kemampuan hardware / panel saja 6 bit / warna atau 18 bit, bagaimana mungkin bisa menampilkan warna 24 bit + 8 bit alpha (32 bit total)?

Semoga beruntung....

No comments:

Post a Comment


Powered By Bloomberg