Thursday, January 15, 2009

Hati-Hati Dengan Nokia 9300 dan 9500!


Nokia 9300 dan 9500, adalah dua ponsel pintar (smart phone) Nokia keluaran pertengahan 2005 yang sampai sekarang masih cukup diminati (pencarian ke tiga sentra ponsel di Surabaya menunjukkan hal serupa). Namun, setelah saya menelusuri banyak web site, ada beberapa kritik :

1. Mudah Lecet

Sebenarnya "gak segitunya" bahwa Nokia 9500/9300 mudah lecet. Namun, permukaan kantonglah yang sering menggores Nokia Anda. Apalagi, menggunakannya dengan tangan yang kotor, berminyak, bisa membuat jari Anda "terpeleset" dan menggores. Solusinya, gunakanlah sarung ketika menyimpan, maupun sarung yang sekaligus memproteksi seluruh bagian (kecuali displai dalam), yang bisa saya temui di salah satu sentra ponsel di Surabaya dengan harga yang jauh lebih murah daripada melakukan "facelift" mengganti casing keseluruhan.

2. Displai Berbercak dan Bergores

Jika Anda membeli Communicator bekas, barangkali hal ini yang bisa Anda temui. Solusinya, lihat apakah di displai Anda ada "screenguard" atau pelindung. Jika Ada, kemungkinan yang cacat adalah screenguardnya. Bawa ke NCC (Nokia Care Center) untuk melakukan penggantian screenguard, atau cari screenguard di toko-toko (agak susah memang). Jika tidak ada, saatnya mengganti kaca akrilik displai Anda di NCC terdekat.

3. Displai sering rusak

Bukan displainya yang rusak, tapi flexible cable yang menghubungkan antara papan ketik, yang menampung prosesor, dengan papan displai. Untuk mengganti flexible cable, sekitar 400.000 rupiah. Untuk pencegahan, jangan buka displai terlalu lebar. Lihat gambar di bagian atas.

4. Comfortably in Reading

Ini tips saja, agar Anda lebih nyaman menggunakan Communicator Anda. Lihat gambar di atas itu untuk menunjukkan semuanya.

No comments:

Post a Comment


Powered By Bloomberg