Friday, December 12, 2008

LG Mengembangkan Chipset Modem 4G LTE Pertama di Dunia

Dengan teknologi 3G yang mendasari kebanyakan dari konektifitas handphone pertama dunia, semua telah melihat ke depan untuk melangkah lebih maju. Dengan WiMAX telah dilewatkan oleh kebanyakan pemain industri (perjuangan Sprint adalah perkecualian), mereka melihat LTE (3GPP Long Term Evolution), juga disebut 4G, yang akan diantisipasi kedepan. Dengan kecepatan teori download 100 Mbps (setara fast ethernet / LAN 100 Mbps) dan kecepatan upload maksimal 50 Mbps, sangatlah tidak mengherankan banyak operator dan pembuat handphone yang mengadopsi LTE.

LG Electronics telah mengadopsinya secara besar-besaran. Perusahaan tersebut telah mendemokan hp modem LTE pertama di dunia di lab mereka di Korea. Selama demontrasi, chip tersebut berhasil mendownload dengan kecepatan 60 Mbps dan mengupload dengan kecepatan 20 Mbps. Dibandingkan dengan rata-rata kecepatan download dari 3,6 - 7,2 Mbps dari jaringan 3G (atau HSDPA) sekarang dan anda tidak ada kata-kata lain kecuali terkagum-kagum.

Sekarang koneksi LTE telah disana, LG mengatakan bahwa HP LTE pertama segera keluar. Mempertimbangkan rumor yang sedang berkembang bahwa operator Verizon akan memulai mengadopsi LTE pada awal 2009, akan sangat mudah untuk mengasumsikan bahwa kita seharusnya mendengar lebih banyak lagi dari LG cepat atau lambat.

Sedangkan operator di Indonesia masih belum diketahui kapan mereka akan ikut mengadopsi LTE. LG terkenal membuat HP 3G for all dimana HP 3G murah yang memang digunakan untuk masal. Diharapkan LG juga membuat HP 4G for all dengan harga terjangkau seperti versi 3Gnya. Semoga saja para operator di Indonesia segera berlomba-lomba mengadopsi LGE. Ingat kalau sesuatu yang baik akan sangat baik kalau kita dengan cepat ikut-ikut. Tidak sebaliknya, kalau hal yang tidak baik, dengan cepat dan mudah kita ikut-ikutan, tapi kalau hal yang baik malah lambat dan lama.

No comments:

Post a Comment


Powered By Bloomberg