Tuesday, November 4, 2008

[UPDATED] VGA Untuk Kerja

[UPDATED] Kalau anda cermat, semua notebook untuk bisnis normal yang menggunakan VGA discret pasti menggunakan Quadro. Contoh Tecra M series, Dell Latitude, dan lain-lain. Sedangkan notebook untuk hiburan / entertainment pasti menggunakan Geforce. Ini adalah link Quadro FX 5800 dari Tomshardware. Flagship baru mengantikan Quadro FX 5600. Kemudian untuk segment murah dapat dilihat di sini. Di link kedua juga disebutkan bahwa Ati FirePro (sejenis FireGL) 3700 256 MB di newsegg hanya $89,99. Bagi anda yang kebingungan dengan artikel ini, anggap bahwa VGA tidak harus ada agar komputer bisa digunakan. Walaupun VGA tidak MULTAK tapi VGA untuk kerja tetap dibutuhkan agar pekerjaan berjalan optimal.

Sebenarnya VGA untuk kerja jauhhhhhhhhhhhhh lebih mahal dibanding VGA untuk main game. Mengapa? Karena VGA untuk kerja disini haruslah diperiksa kestabilannya dan kompabilitasnya terhadap applikasi khusus. Contoh aplikasi adalah 3Ds Max, Maya, Cinebench, dll.

Kalau VGA untuk main game namanya Geforce dan Radeon, maka VGA untuk kerja namanya Quadro dan FireGL. Disebut untuk kerja karena VGA ini merupakan komponen vital dalam membuat film animasi. VGA Quadro yang paling cepat bisa sekitar 40 juta sebiji. Kalau misalnya anda butuh Quad SLI mungkin ya 160 juta. Itu kalau hanya 1 komputer dan VGA. Kalau anda memang niat membuka Studio Animasi semacam Disney, mungkin ada perlu membeli ratusan sampai ribuan komputer. Belum lagi lisensi untuk membeli program 3Ds Max dan sejenisnya yang bisa 30 juta / komputer (tidak tahu lagi kalau ada lisensi khusus yang untuk masal / perusahaan). Sampai saat ini pemimpin kelas ini adalah Nvidia Quadro. Baru-baru ini Nvidia meluncurkan Quadro CX 4 yang dioptimasi untuk program Adobe CS4 selain applikasi desain yang biasanya.

Tapi inti dari artikel ini adalah ada pekerjaan khusus yang benar-benar untuk cari uang dan membutuhkan VGA yang cocok. Anda pasti berpikir VGA untuk kerja ini kan mahal? SALAH! Karena kelas yang paling murah dari Quado dan FireGL hanyalah < $100. Yang lucu dan aneh adalah di salah satu toko online terkemuka Indonesia, Quadro yang dijual adalah yang kelas menengah. Sedangkan AMD FireGL malah dari menengah ke tinggi. Di negara yang gemar barang murah seperti ini sangatlah aneh kalau toko itu tidak menjual VGA workstation yang harganya < $99.

No comments:

Post a Comment


Powered By Bloomberg