Sunday, November 2, 2008

Trim String Itu Penting !

Saya sangat mengacungkan 2 jempol untuk toko buku Uranus yang telah memanfaatkan Open Source sebagai Sistem Informasi Management dan Information Retrieval. Desain yang unik dan menarik, disertai dengan screen shot cover buku, sangat informatif bagi toko buku untuk memberikan layanan tambahan bagi pelanggannya.

Namun, seperti pepatah, “Setitik upil rusak susu segentong”. Demikian pula yang terjadi di sistem toko buku Uranus. Ketika hendak mencari buku dengan judul yang mengandung kata “BUFFET ” (“B”,”U”,”F”,”F”,”E”,”T”, SPASI), yang keluar adalah “PESTA ALA BUFFET TERLEZAT”. Bukankah benar? Ya itu benar, tapi tidak semuanya benar.

Seharusny

image

a, buku-buku yang keluar juga meliputi SELURUH buku yang mengandung kata buffet, misal “Investasi ala Warren Buffet”, “Makan-makan di Buffet” dan sebagainya. Mengapa hal ini dapat terjadi? Karena programmer PHPnya lupa melakukan trimming pada query string, sehingga “ketidaksengajaan” seseorang menekan spasi, akan berakibat berkurangnya search query.

Bagi end user, apalagi yang gaptek, mungkin hal ini sangat tidak menguntungkan, pasalnya, end user akan bingung sekali. Namun, bagi seorang yang setiap hari utak-atik PHP, akan sangat mengerti manfaatnya, misal, ingin mencari buku yang hanya mengadung kata “BUFFET” di tengah, dan tidak di akhir kalimat.

Namun, menurut hemat saya, tidak semuanya dapat mengerti hal ini, apalagi seorang pembeli buku. Namun demikian, bukan cacatan dan hujatan yang saya layangkan, namun 2 acungan jempol kepada Toko Buku Uranus. Keep improving, kalau bisa saya didiskon lebih… lebih banyak, bukan lebih sedikit…. :P

No comments:

Post a Comment


Powered By Bloomberg