Wednesday, October 1, 2008

Jawaban Resmi: Mengapa folder WinSxS pada Vista dan Windows 2008 sangat besar

Bagi yang pernah menginstall Windows versi 6 (Vista atau 2008) tentu pernah keheranan kenapa harddisk mereka cepat habis. Padahal partisi yang disediakan sudah sesuai rekomendasi Microsoft. Salah satu jawabannya karena pada Windows versi 6 terdapat folder WinSxS di dalam folder Windows. Folder WinSxS ini sangat besar, bahkan bisa 8 GB atau lebih.

Penulis pernah mencari tahu kenapa hdd penulis kok sisa sedikit. Padahal di user + program file + semua folder di properties masih sisa banyak. Ternyata penyebabnya ada di folder Windows. Folder Windows ada 16 GB, dan 50% nya ada di folder WinSxS.

Pada intinya folder WinSxS merupakan perpindahan dari sistem INF ke dalam komponen. Itulah sebabnya pada Windows versi 6 kalau kita ingin menambah komponen kita tidak dimintai DVD. Itu juga sebab kalau kita menjalankan SFC juga tidak dimintai media. Cara kerja WinSxS adalah dengan menambah komponen baru. Komponen lama tidak disentuh sama sekali. Itulah yang menyebabkan folder ini sangat besar.

Keterangan lebih detail dapat dilihat pada:
http://blogs.technet.com/askcore/archive/2008/09/17/what-is-the-winsxs-directory-in-windows-2008-and-windows-vista-and-why-is-it-so-large.aspx

No comments:

Post a Comment


Powered By Bloomberg