Tuesday, September 30, 2008

Ngobrol secara Langsung Pada Friendster dengan Menggunakan Yahoo! Messenger (aka Yahoo! Pingbox)

Selain meluncurkan Yahoo! Messenger! 9, Yahoo! juga meluncur Yahoo! Pingbox. Dengan Yahoo Pingbox ini anda dapat chatting dengan siapapun melalui halaman web secara langsung. Anda dapat menaruh Yahoo! Pingbox ini pada web, blog, ataupun situs network sosial. Sementara ini yang didukung langsung oleh Yahoo! Pingbox adalah: MySpace, Friendster, Hi5, Blogger, Live Spaces, Live Journal, Xanga, dan hanya kode.

Untuk dapat memakai Yahoo Pingbox pada Friendster, berikut ini adalah langkah-langkahnya:
1. Buka situs Yahoo! Pingbox.
2. Login terlebih dahulu dengan mengklik tulisan Sign In pada kanan atas.
3. Silahkan pilih tampilan yang diinginkan beserta kata-katanya dan beberapa setting.
4. Klik icon FS.
5. Copy Kode yang telah ditampilkan (CTRL + A, CTRL + C pada kode).
6. Login FS. Buka http://www.friendster.com/editprofile.php.
7. Masukkan kode tadi ke dalam bisa di bagian About me, Who I Want To Meet, atau di Media Box. (Yahoo! menyarankan untuk ditaruh di Media Box, tapi penulis mencoba di bagian lain bisa).
8. Simpan profile friendster anda yang baru.

Pengalaman awal penulis adalah kalau ada seseorang membuka halaman Friendster anda, maka Yahoo! Messenger 9 anda akan mengatakan Visitor X online (X adalah angka). Visitor X yang online tidak akan dapat anda ajak chatting duluan, juga tidak terdaftar pada Contact list. Anda baru dapat chat dengan dia saat dia mengajak chatting anda duluan.

Beberapa emoticon masih tidak cocok antara Yahoo! Messenger 9 dengan Yahoo Pingbox. Penulis mencoba emoticon bunga (@};-) di YM 9, dan keluar emoticon senyum (:) ) di YM Pingbox. Selain itu kalau kita idle dalam waktu lama, maka hubungan akan diputus. Yang tidak kalah penting adalah pihak lawan tidak perlu memiliki Yahoo! ID untuk ngobrol dengan kita.

Bonus:
Berikut ini adalah screenshot Yahoo! Pingbox pada halaman Friendster Penulis:
Gambar 1. Yahoo! Pingbox pada Friendster Penulis.

No comments:

Post a Comment


Powered By Bloomberg