Thursday, September 4, 2008

Pengalaman Lenovo 3000 G410

image

Membeli barang di Fast n Cheap dan barang branded seperti Lenovo tidaklah selalu mulus. Mungkin anda baiknya membaca link Forum Lenovo ini dahulu, dan melihat betapa susahnya menginstall wifi Lenovo 3000 G410 yang dijual di Fast n Cheap ini.

OK, mari flashback. Ketika suatu hari, saya membeli sebuah laptop di Fast n Cheap. Laptop tersebut adalah Lenovo 3000 G410 dengan harga Rp. 4.750.000. Laptop tersebut saya bawa pulang tanpa OS, ketika malam saya install dengan OS Windows XP original, segalanya berjalan mulus kecuali Wifi.

Setelah membaca di Forum Lenovo, ternyata banyak orang yang mengalami hal yang sama, yaitu kesulitan mengakses Wifi. Perlu dicatat bahwa di dalam CD yang diberikan secara gratis, terdapat dua buah driver Wifi, yaitu Intel dan Broadcom. Susah untuk ditebak, akhirnya saya install dengan kombinasi. Berbagai cara yang saya coba, ternyata sampai install ulang Windows 2 kali pun, tidak berhasil.

Ketika besoknya, saya bawa ke Fast n Cheap dalam kondisi Windows terinstall, Fast n Cheap sendiri berhasil menyalakan dan menginstall Wifi tersebut !!! Luar biasa, bahkan Fast n Cheap dapat mengalahkan driver asli yang ada di www.lenovo.com. Yang paling mengecewakan adalah, ketika driver tersebut diminta, pihak Fast n Cheap berkata driver tersebut tidak boleh diminta. Hebat bukan? Ternyata ada permainan tersendiri di Fast n Cheap ketika membeli laptop tanpa OS dan tidak membeli Windows di Fast n Cheap.

Harap dicatat : Tidak ada kesalahan seperti lupa menghidupkan switch Wifi. Hanya saja, saya tidak dapat menemukan driver yang tepat, seperti orang-orang yang ada di forum Lenovo tersebut. Luar biasa Fast n Cheap layanannya terhadap pelanggan… Driver tidak boleh dicopy…

8 comments:

  1. Sekedar sharing aja...
    Aq juga punya Lenovo G410, aq jatuh cinta karena selain sudah fanatik sama IBM, bentuk G410 yang kotak lebih aq suka... kasusnya sama, pertama Install emang make Windows Vista, namun tidak berjalan lama, kemudian aq turunkan menggunakan XP... masalah sama, wifi tidak berhasil diinstall driver, namun akhirnya bisa make driver wifi compaq presario v3000.

    ReplyDelete
  2. anto_thegreat076

    Thanxz buat infonya ... baktiar_14

    Kebetulan aku juga punya masalah yang sama.
    Driver Wifi Lenovo 3000 G410 pada Win XP.

    Kebetulan juga saya juga memiliki 2 buah Presario V3000 (salah satunya Seri 3201TU).

    Kedua driver wifi Presario V3000 tidak berhasil untuk mengatasi masalah wifi Lenovo.

    Seri Presario V3000 apa seh yang anda gunakan untuk Driver Wifinya?

    Kalo boleh di share mohon dikirimkan ke E'mail saya ...

    Terima kasih ...

    Anto_thegreat076@yahoo.com

    ReplyDelete
  3. yup betul, sampai akhirnya saya bener bener mencatat pengalaman saya

    Driver Lenovo bawaan cd merpakan driver jadul dan perlu untuk di update.

    berikut list drivernya
    http://omponk.routelink.net/blog/2010/02/04/driver-lenovo-3000-g410-windows-xp/

    ReplyDelete
  4. wah pake compaq presario v3000 sama ya bos :D
    thx infonya

    ReplyDelete
  5. slm knl smua,maaf cuma pngin berbagi pengalam aj, aq jg pake lenovo g410 pertama kali aq install xp emang sulit bgt cri driver wifinya tp ternyata stelah lm aq coba2, driver bwaan vista itu bisa diinstal ke xp double klik aj file setup pilih driver gemtek

    ReplyDelete
  6. instal aja win 7, gak perlu nginstal driver apapun dijamin bisa wifi-an deh :)

    ReplyDelete
  7. lenovo g410 pas mau dinyalakan kadang harus colok charger dulu (pas penggunaan normal tanpa charger baterei tetep tahan).trim's solusinya

    ReplyDelete
  8. kendala saya juga di wifinya mas.
    bisa tolong bagi drivenya nggak atau kirim ke irfanakhmadrizal02@gmail.com
    makasih

    ReplyDelete