Thursday, August 28, 2008

Sticker Dapat Menipu

DSCN2425Percayakah anda bahwa Sticker dapat menipu? Anda harus percaya. Hampir semua barang bermerk yang anda beli, anda adalah beli Sticker.

Ketika anda membeli sebuah fashion bermerk di luar negeri, anda membeli sticker merknya, karena beberapa fashion bermerk di luar negeri jelas-jelas mencantumkan Made In Indonesia pada labelnya.

Ketika anda membeli Dell, anda membeli sticker beserta garansinya, karena Dell adalah sebuah produk gado-gado yang pada akhirnya stickernya diberi nama Dell.

Ketika anda membeli mobil Avanza ataupun Xenia, anda membeli sticker Toyota atau Daihatsunya, padahal hanya mesinnya yang bermerk Toyota ataupun Daihatsu.

Ketika anda membeli Handphone, anda membeli stickernya saja, mengingat pabrikan Handphone merk D-one, Taxco, Startech, dll adalah sama, hanya berbeda sticker dan SPG yang cantik. Yang cantik yang menang tentunya.

Ketika anda beli Bakso Pak Ali, anda membeli Sticker Bakso Pak Ali. Percaya saja, ketika Bakso tersebut diganti dengan Bakso Pak “Cleg”, bakso tersebut akan terasa Bakso Pak Ali apabila anda melihat Sticker “Bakso Pak Ali”, walaupun sebenarnya anda memakan Bakso Pak “Cleg”.

Ketika anda membeli Lenovo, Toshiba, Sony, anda akan sangat bangga. Tetapi rasa bangga akan menurun dan lantas jadi kekecewaan ketika produk tersebut berlabel “Made In China”? Mengingat apa yang ada di kepala anda, bahwa “Segala produk buatan China adalah jelek”, dan “Semua produk luar negeri selain China adalah bagus” ?

Pernahkah anda berpikir bahwa Honda Jazz yang selama ini anda idam-idamkan adalah rakitan Indonesia? Dan kenapa kita selalu berpikir bahwa “rakitan Indonesia” adalah jelek?

Begitu banyaklah kita manusia Indonesia yang sangat branded, tanpa memperhatikan kemana larinya uang kita sebelum membeli barang.

Demikian dengan laptop Toshiba di atas. Anda hanyalah melihat sticker Toshiba dan AMD Sempron beserta keyboard yang masih mengkilat, padahal laptop di atas hanyalah sebuah Toshibca Tecra 8000 yang notabene… Pentium 2.

Seberapa brandedkah anda? Pilihlah untuk menghamburkan uang anda sehingga barang yang anda dapat lebih BERHARGA secara VALUE (NILAI), bukan secara PRICE (HARGA).

No comments:

Post a Comment


Powered By Bloomberg