Sunday, August 10, 2008

Menambahkan Widget Cantik pada Linux

Anda pasti pernah mengetahui Yahoo Widgets atau Google Gadgets. Meski ada Google Gadgets for Linux, mungkin menginstalasinya dari source merupakan hal yang cukup menyusahkan untuk Anda. Nah, disamping itu ada pilihan lain, yaitu gDesklets. Menginstalasinya mudah, hasilnya pun meriah. Di sini saya akan mendemokannya dengan OS Ubuntu 8.04 GNOME, namun Anda bisa melakukannya pada OS Linux distribusi apapun, yang berbeda hanya pada instalasi, untuk distro RedHat bisa mendownload dan menginstal paket RPM pada website resmi gDesklets (di sisi kanan), dan untuk pengguna distro berbasis Debian lain dapat menginstal paket DEB yang juga dapat diunduh pada website resmi gDesklets.

1. Buka Synaptic melalui GNOME Menu > System > Administrations > Synaptic Package Manager. Untuk Ubuntu, Xubuntu dan BlankON, klik menu System > Administrations > Synaptic Package Manager. Masukkan password jika diminta.

2. Jika Synaptic telah selesai meload daftar repositori, klik Find pada toolbar yang bergambar teropong. Ketikkan "gdesklets" pada kotak search dan tekan Enter pada keyboard.
[gambar01-cari]

3. Pada bagian Package akan muncul dua item yaitu gdesklets dan gdesklets-data, klik kanan kotak kecil di sebelah kiri paket gdesklets dan pilih "Mark For Installation" yang bericon kotak dengan panah kuning, Lakukan hal yang sama dengan paket gdesklets-data. Klik Apply pada bagian atas untuk menyudahi. Muncul kotak dialog Summary, klik Apply di sebelah kanan bawah. Tunggu sampai proses download selesai dan proses konfigurasi beres, lalu tutup Synaptic.

4. Jalankan gDesklets dengan menekan Alt+F2, ketik "gdesklets" (tanpa kutip) dan tekan Enter. Tunggu sampai gDesklets Shell meload semuanya. Pilih kategori item di sisi kiri, dan klik dua kali item-item tersebut di sebelah kanan untuk mengaktifkannya. Klik kanan dan pilih "Move desklet" untuk memindahkannya.

Selamat mencoba..!

No comments:

Post a Comment


Powered By Bloomberg