Wednesday, July 16, 2008

[UPDATED] [OOT] Tagihan Masa Depan Telkomsel Flash

[UPDATED] Ternyata setelah tanya 111, mereka menjawab bahwa pemakaian bulan juli saya maksimal dibayar sampai dengan tanggal 20 Agustus. Jadi kalau saya setiap tanggal 5 awal bulan membayar tagihan bulan sebelumnya, saya masih aman :).

[OOT] APN Internet dari Telkomsel Flash memang saya coba tidak bisa, dapat pesan Invalid APN dari 3G Watcher. Waktu saya konfirmasi dengan 111, mereka mengatakan kedua APN tersebut (internet dan telkomsel) masih baik-baik saja.

Kartu Halo merupakan kartu pasca bayar. Artinya anda diberikan tagihan TEPAT 1 bulan setelah pemakaian. Misalkan anda berlangganan mulai bulan Juni, maka bulan Juli anda harus membayar pemakaian telepon anda. Tagihan ini juga dipengaruhi oleh billing cycle, dimana anda harus membayar pada tanggal yang telah ditentukan setiap bulannya. Misalkan billing cycle Kartu Halo adalah tanggal 20 untuk setiap bulan, maka setiap tanggal 20 anda harus membayar pemakaian mulai tanggal 20 bulan lalu sampai tanggal 20 bulan ini. Intinya kartu Halo adalah pascabayar.

Billing cycle kalau untuk telepon sih wajar-wajar saja. Toh worst case / kasus terburuk kartu Halo aktif tanggal 19 dan tanggal 20 bayar, tapi karena 1 hari belum digunakan telp maka tagihan akan menjadi 0 (nol). Hal ini berbeda kalau billing cycle digunakan untuk internet. Dengan kasus terburuk yang sama, anda ditagih Rp 137,775 untuk pemakaian internet 1 hari anda. Padahal Rp 137.775 ini adalah biaya pemakaian untuk 1 bulan (rata-rata 30 hari). Kalau pada Starone, tagihan internet yang harus dibayarkan pada billing cycle adalah hitungan hari sejak internet anda aktif dibagi 30 (atau berapa hari dalam bulan tersebut) dikalikan jumlah tagihan bulanan. Misalkan tarif dan billing cycle Telkomsel Flash sama dengan tarif Internet Starone Unlimited dan juga sama-sama kasus terburuk, maka pada Starone anda cuma membayar 1/30 * 137.775 = Rp 4592,50. Tapi untunglah Telkomsel Flash memungkinkan kita untuk membayar tagihan internet kita tepat 1 bulan tanpa kena denda :).

Hari ini (16/07/08), penulis mendapakan tagihan TelkomFlash untuk penagihan tanggal 20 JULI (20/7). Bagimana mungkin tanggal 20 belum habis sudah ditagih? Kalau misalnya itu benar, dengan enaknya sejak penulis terima tagihan masa depan ini, penulis sms + telp sepuasnya. Itu disebabkan tagihan penulis bulan ini sudah “ditakdirkan”. Benar-benar tidak seperti kartu pasca bayar! Berikut ini adalah gambarnya:

CIMG2784

Gambar 1. Tagihan Masa Depan Telkomsel Flash

No comments:

Post a Comment


Powered By Bloomberg