Tuesday, May 20, 2008

Tips Mengimport Hari Libur pada Microsoft Outlook 2007

Tahukah anda apa kelemahan dari aplikasi kalender? Jawabannya satu, Hari libur! Tanggalan Elektronik memang mudah diciptakan. Tinggal buka aplikasi Delphi, tempel komponen DateTimePicker pada form kosong maka jadilah sudah aplikasi tanggalan kita. Tapi semua aplikasi tanggalan baik yang build in Windows atau milik Linux tidak memiliki catatan tentang hari libur. Satu-satunya aplikasi tanggalan yang memiliki hari libur adalah Outlook.
Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menampilkan hari libur pada tanggalan Outlook 2007. Langkah pertama pilih menu Tool -- Options. Kemudian klik Calendar Option. Lihat gambar 1.

Gambar 1. Tool -- Option pada Outlook 2007

Kemudian akan muncul form Calendar Option seperti pada gambar 2. Klik Add Holidays.

Gambar 2. Form Calendar Option

Setelah itu akan muncul form sederhana untuk memilih negara. Pilih Indonesia, kemudian klik OK. Selain negara, ada juga dua even keagamaan. Kedua even tersebut adalah even agama Kristen dan Islam. Lihat gambar 3.

Gambar 3. Form Memilih Negara

Setelah selesai maka silahkan buka kalender pada Outlook 2007. Maka dapat dilihat bahwa pada hari ini 20 Mei adalah peringatan Hari Tri Suci Waisak. Memang tidak detail sekali seperti halnya hari Tri Suci Waisak yang ke 2552 BE / 2008, tapi hal ini sudah cukup untuk memberitahukan kita bahwa tanggal 20 Mei adalah hari libur. Lihat contoh pada Gambar 4.

Gambar 4. Contoh Kalender Outlook yang Menampilkan hari Libur.

Akhir kata penulis mengucapkan Selamat merayakan hari Tri Suci Waisak yang ke 2552 BE / 2008 kepada semua pembaca yang merakannya :).

No comments:

Post a Comment


Powered By Bloomberg