Saturday, April 12, 2008

Power DVD DX yang Sebenarnya

Hati-hati bagi anda pengemar program PowerDVD. Pada beberapa hardware (misalnya laptop, VGA, soundcard, dan lain lain) ada yang diberi "bonus" software Power DVD. Beberapa diantara itu ada versi DX. Sayangnya pada kotak / spesifikasi hardware tidak ditulis Power DVD DX, tapi hanya Power DVD saja. Contoh nyata adalah PowerDVD bundle laptop DELL Latitude D630 milik penulis.

Awalnya penulis sangat senang karena mendapatkan software PowerDVD original. Karena pada laptop Dell Latitude D630 telah dibundel Power DVD. Pada saat itu (November 2007), mendapatkan PowerDVD 7 adalah versi terbaru. Pertama kali menjalankan PowerDVD DX milik DELL, penulis berpikir ini pasti aplikasi PowerDVD yang dibuat mirip Microsoft Windows XP Media Edition. Program ini adalah program untuk mengurusi media (bisa video, lagu, atau gambar) dengan interface sederhana satu layar penuh.

Kesan kedua waktu penulis masuk ke menu Option. Penulis kegirangan (senang) mendapatkan bahwa PowerDVD DX dari DELL ini bisa mendukung CLEV-2 dan CLPV. Walaupun PowerDVD DX ini tidak mendukung CLVS tapi yang penting dapat program ORIGNAL :D. Karena sudah senang dengan kesan awal-awal, penulis mencoba membuka file media. Gambar opsi Display pada PowerDVD DX dapat dilihat pada gambar 1.


Gambar 1. Opsi Display pada PowerDVD DX

Ternyata tidak ada SATU file media pun yang bisa dibuka oleh PowerDVD DX. Tidak seperti Windows XP Media Edition atau Nero Home yang bisa memainkan FILE LOCAL, PowerDVD DX hanya dapat memainkan DVD. Maksudnya adalah jika anda memasukkan keping DVD kedalam DVD Rom / RW anda, program ini baru dapat digunakan. Apapun file yang penulis ingin buka, baik lagu, video, gambar semua tidak berhasil. Pertama karena tidak ada menu File open, ataupun scan for media. Karena penulis tidak menemukan menu untuk mengakses file maka penulis mencoba men-drag file ke dalam PowerDVD DX. Dapat diduga tidak akan ada hasil apapun. PowerDVD DX tetap "terdiam" seperti sebelumnya.

Jadi bagi anda yang ingin membeli hardware karena dibundle dengan PowerDVD, ada baiknya anda teliti dan memastikan bahwa PowerDVD tersebut bukan PowerDVD DX.

1 comment:


Powered By Bloomberg