Friday, March 7, 2008

Tips Mendapatkan Memory 4 GB Penuh pada OS 32 bit

Batas Windows 32 bit adalah 4 GB. Hal ini karena 2^32 (baca: dua pangkat tiga puluh dua) adalah 4 GB (baca: empat gigabyte). Tetapi jika ada program lain yang menggunakan memori maka Windows akan menempatkannya pada 4 GB pertama. Misalkan anda memiliki VGA dengan memori 128 MB dengan virtual sampai 880 MB. Maka Windows akan menaruh 880 MB pada awal-awal dari 32 bit.

Jika sistem ini anda pasang memory komputer 2 GB, maka PC anda akan memiliki memory 2 GB. Hal ini dikarenakan 2 GB memory PC ditambah 880 MB memory VGA ditambah memory yang dipakai untuk kernel Windows kurang dari 4 GB. Kemudian anda merasa anda membutuhkan memori 4 GB, anda membeli memory 2 GB lagi. Maka total memory yang TERINSTALL adalah 4 GB (2 GB x 2). Tetapi jika anda masuk Windows, maka memory yang TERSEDIA hanya 3,1 - 3,5 GB.

Hal ini disebabkan karena bit awal pada 32 bit telah dipakai untuk minimal VGA dan Windows Kernel. Karena memory PC ditambah VGA ditambah Windows Kernel lebih besar dari 4 GB maka memori yang "dikorbankan" adalah memory PC anda. Salah satu cara terbaik untuk mengatasi hal ini adalah dengan menginstall Windows 64 bit. Cara lain adalah dengan menggunakan PAE (Physical Address Extension).


Cara mengaktifkan PAE pada Windows Vista adalah "BCDEdit /set PAE forceenable". Anda harus mengetik ini pada command prompt dengan kuasa Administrator. Sedangkan pada windows XP anda dapat menambahkan "/PAE" pada boot.ini. Misalkan pada boot.ini ada baris perintah "multi(0)disk(0)rdisk(0)partition(2)\%systemroot%="Windows Server 2003, Datacenter Edition" maka anda tinggal tambahkan /PAE pada akhir perintah menjadi "multi(0)disk(0)rdisk(0)partition(2)\%systemroot%="Windows Server 2003, Datacenter Edition" /PAE.


Penulis mencoba menggunakan memori 2 GB x 2 dengan VGA Nvidia Quadro NVS 128 MB dan Virtual VGA memory 1627 pada Windows Vista 32 bit Original DELL Service Pack 1. Hasilnya memori penulis terdeteksi cuma 3,6 GB. Cara melihat pada Vista SP1 adalah buka Windows Explorer / folder sembarang, terus ke menu Help -- About. Lihat di bagian bawah Physical Memory Available, seperti pada gambar 1.


Gambar 1. Physical Memory Available.

Khusus untuk Vista sebelum menjalankan perintah "BCDEdit /set PAE forceenable" anda harus menjalankan perintah "BCDEdit /set NX AlwaysOn". Untuk membatalkan perintah PAE cukup jalankan perintah "BCDEdit /set NX AlwaysOff".


Catatan lain adalah dengan menggunakan PAE, Windows akan sedikit lebih lambat karena harus memproses 4 bit tambahan (total menjadi 36 bit). Pada Windows Server 32 bit terbaru (2003 SP2, 2008), PAE telah dihidupkan secara langsung. Pada Windows Vista PAE dan NX akan selalu berhubungan. Artinya kalau kita mematikan NX maka PAE akan mati, tapi tidak demikian dengan Windows Server. Jadi jika anda memiliki memory 16 GB (4 GB x 4) dan OS 32 bit, ada baiknya PAE diaktifkan :) ATAU GANTI DENGAN OS 64 BIT :D.

No comments:

Post a Comment


Powered By Bloomberg