Thursday, March 27, 2008

AMD Quad Core untuk Masal

AMD hari ini meluncurkan Phenom stepping / Revisi B3. Phenom Stepping B3 ini telah terbebas dari bug yang sebelumnya dapat mengurangi performa sebanyak 25%. Kali ini AMD tidak hanya melucurkan quad core saja, tapi juga triple core. Inti dari artikel ini adalah akhirnya ada prosesor quad core < $200, yaitu Phenom X4 9550 sebesar $195.

AMD memakai trik yang biasa dipakai oleh perusahaan kecil untuk menghemat biaya. Biasanya perusahaan kecil akan memproduksi hardware. Jika hardware tersebut lolos validasi maka hardware tersebut dijual normal ke pelanggan. Jika hardware tersebut gagal validasi, maka produsen hardware akan memvalidasi ulang hardware tersebut dengan batas yang lebih rendah. Dalam kasus AMD, Phenom X3 (Triple Core) sebenarnya adalah Phenom X4 (quad core) yang gagal validasi. Karena prosesor ini telah gagal validasi Phenom X4 maka AMD mematikan 1 corenya dan malakukan validasi ulang untuk Phenom X3. Jika berhasil maka prosesor ini akan dijual sebagai Phenom X3. Nvidia dan AMD (ATI) juga sering melakukan hal tersebut pada VGA mereka.

Kembali ke Phenom B3. Berikut ini adalah gambar daftar harga Phenom B3:

Gambar 1. Daftar Prosesor AMD Phenom B3.

Jadi bagi anda yang ingin membeli prosesor quad core tapi dananya tidak boleh lebih dari $200 sekarang ini lah kesempatan anda :). Phenom tadi digabung dengan chipset AMD 780G akan memberikan komputer murah dengan performa yang super cepat. Berikut ini adalah review prosesor Phenom B3 dari:

Xbit - AMD Phenom Changes Stepping to B3: TLB Bug – in the Past

Anandtech - Higher Clock Speeds, No TLB Issues and Better Pricing: The New Phenom

 

Sumber:

Theinquirer.net

No comments:

Post a Comment


Powered By Bloomberg