Sunday, February 17, 2008

Tambahilah iTunes Anda Dengan iTunesControl

Jika Anda menggunakan iTunes sebagai media pemutar musik Anda, jangan lewatkan add-on (program tambahan) iTunesControl. Dengan add-on ini maka Anda dapat:

1. Jauh lebih mudah mengontrol iTunes.

Kontrol playback (play, pause, next, prev, dst) iTunes Anda dengan keyboard shortcut. Misalkan ketika Anda sedang asyik membuka Friendster, tidaklah perlu mengganti window ke iTunes hanya demi menekan tombol "Next" dan memutar lagu selanjutnya lalu kembali ke Friendster. Tetaplah nikmati Friendster Anda dan tekan tombol keyboard "Win + kanan". Jauh lebih nyaman bukan.

2. Tampilkan lagu yang sedang diputar tanpa membuka iTunes.

Saat pergantian lagu, iTunesControl akan mengeluarkan kotak tampilan info lagu selanjutnya yang diputar. Info lagu ini juga dapat ditampilkan lagi kapanpun dengan menekan tombol "Win + c".


3. Rating lagu Anda dengan mudah.

Sambil menikmati lagu, Anda dapat memberikan nilai lagu tersebut dengan mudah tanpa perlu membuka window iTunes. Lagu favorit Anda sangat layak mendapatkan bintang lima dengan menekan "Win + 5". Lihatlah lagi rating yang telah diberikan dengan "Win + c" atau "Win + 6". Rating yang Anda berikan tidak akan sia-sia karena iTunes dapat diatur sehingga sering memutar lagu ber-rating tinggi.

Menurut saya ketiga fungsi di atas adalah yang paling berguna. Tentu saja masih ada hal-hal lain yang dapat dilakukan dengan iTunesControl.

Sekadar info, Winamp (saingan iTunes dalam hal pemutar musik) tidak dapat memberikan rating semudah iTunes yang dilengkapi iTunesControl. Namun Winamp mempunyai fasilitas nomor 1 & 2 di atas tanpa memerlukan add-on apapun.

Download iTunesControl

Sumber: Add On-Screen Display and Key Triggers to iTunes with iTunesControl dari Lifehacker.com.

No comments:

Post a Comment


Powered By Bloomberg