Wednesday, February 27, 2008

Pishing Bank Mandiri ?

Pishing sudah bukan hal yang luar biasa bagi kita saat ini, apalagi bagi penulis yang setiap harinya menonton layar monitor dan menggunakan internet. Tindak kejahatan Pishing juga sudah menjamur, akan tetapi.... sebagai seorang praktisi IT yang berada di Indonesia, saya cukup sedih melihat orang yang banyak terkena situs Pishing, yang ternyata, orang-orang terkena Pishing tidak lain adalah orang yang cukup berpendidikan, bukan saja hanya orang yang tidak berpendidikan.

Perlu diketahui bahwa setiap hal sensitif atau (terutama) berkaitan dengan keuangan janganlah cepat mengambil keputusan apabila anda membacanya dari sebuah website. Perhatikan gambar di bawah ini baik-baik.


Apakah anda berpikir bahwa www.investasimandiri.com adalah anak cabang, ataukah salah satu produk dari Bank Mandiri Tbk? TIDAK !!!!!!

Saya pun sendiri sempat tertipu dengan "tampilan", terutama logo pita emas tersebut. Setelah saya sangat curiga, ternyata saya temukan keterangan seperti di bawah ini.

Ternyata, di bawah situs tersebut, ada tulisan bahwa site ini tidak ada hubungannya dengan Bank Mandiri. Saya sendiri juga tidak paham, apakah logo tersebut ada trade mark atau tidak, akan tetapi, selalu perhatikan situs yang anda masuki, agar anda tidak menjadi korban Pishing. Mengapa saya sampai menulis artikel ini? KARENA, SAYA SENDIRI TERTIPU DENGAN LOGO YANG MIRIP DENGAN BANK MANDIRI ASLI, SEPERTI DI BAWAH INI.


Situs investasimandiri.com bukanlah situs pishing karena menyertakan keterangan bahwa situs tersebut tidk ada hubungannya dengan Bank Mandiri, dan saya tidak berkata bahwa saya menuduh apapun dari situs tersebut.

Akan tetapi, pesan saya, perhatikan baik-baik dimana anda berada, sebelum masuk ke dalam suatu situs, terutama yang berhubungan dengan keuangan.

Selanjutnya, artikel ini hanyalah untuk anda agar lebih waspada dalam internet. Seperti sebilah pisau, dapat digunakan untuk membunuh orang, dan juga dapat digunakan untuk mengupas apel yang enak. Gunakanlah internet dengan bijaksana, sebijaksana anda menyayangi istri anda.

Semoga Bermanfaat

No comments:

Post a Comment