Monday, February 25, 2008

Fitur Baru Forceware 174.16: Mengurangi Kesusahan Untuk Berpindah ke Mode Full Screen Pada Lebih dari Satu Layar

Penulis iseng-iseng mencoba ForceWare baru yaitu versi 174.16. Versi ini merupakan versi penting yang telah mengalami banyak peningkatan. Beberapa yang cukup penting antara lain:

- Dukungan terhadap Geforce 9600

- Penambahan opsi perubahan warna dan histogram secara otomatis pada semua VGA berbasis G9x (Geforce 8800 yang baru G92, atau Geforce 9600 GT G94). Fitur ini mirip dengan CLEV miliknya Power DVD. Dengan fitur ini, warna dan histogram akan menjadi lebih hidup.

- Pengubahan mode full screen otomatis pada monitor yang lebih dari dua.

Penulis akan membahas yang fitur penting terkahir, karena hanya fitur itu yang didukung VGA penulis (Geforce 7300 LE <--> "Quadro FX 350").

Bila anda memiliki lebih dari satu monitor, kemudian anda ingin menonton video dengan mode full screen, apa yang anda lakukan? Biasanya yang penulis lakukan, membuka media player. Membuka file video. Mengeret media player tersebut pada monitor yang diinginkan. Merubah ke mode full screen pada monitor tersebut. Penulis hanya menggunakan monitor kedua untuk Tugas akhir. Jadi kalau lagi ndak perlu, monitor kedua selalu dimantikan. Selain itu monitor kedua penulis adalah TV, jadi sangat tidak menyenangkan untuk membaca text dari TV. Karena itu setelah selesai menonton, penulis mengembalikan semua ke keadaan semula. Termasuk mengeret (DRAG) kembali media player ke monitor utama.

Semua hal diatas sangat merepotkan. Tapi dengan adanya driver baru Geforce yaitu ForceWare 174.16 BETA, penulis tinggal merubah satu opsi saja dan semua itu jadi semudah menonton versi windows. Jika anda ingin mencobanya, jalankan Nvidia Control Panel -- pilih Modify Full Screen Video Option -- kemudian pilih Always Show Full Screen from My. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar 1.

NVCPL174

Gambar 1. Opsi Modify Full Screen Video Option pada Nvidia Control Panel

Setelah merubah opsi tersebut, silahkan jalankan media player secara normal, buka file secara normal, dan lihatlah monitor kedua anda. Apapun video yang dimainkan pada monitor utama, akan di clone ke monitor kedua. Bedanya pada monitor utama anda tidak perlu menjalankan video secara full sreen. Di monitor kedua video tetap dijalankan secara full screen. Enak bukan? Hasilnya anda dapat melihat pada gambar 2.

DualMonitor

Gambar 2. Hasil opsi gambar 1.

Sebagai catatan penulis menggunakan mode Dual Independen. Artinya taskbar hanya di monitor utama dan monitor kedua benar-benar kosong. Beberapa video player telah memiliki opsi untuk memainkan video secara full screen pada multimonitor, tetapi pendekatan cara driver ini lebih universal (semua media player bisa).

No comments:

Post a Comment


Powered By Bloomberg