Thursday, December 13, 2007

TIP Membuat Beberapa Nomor Halaman yang Berbeda Pada Word 2007 SP 1

Pernahkah anda mengalami kasus ini: Anda ingin membuat sepuluh halaman, dengan tiga halaman daftar isi dan tujuh halaman isi? Pada tiga halaman pertama, anda ingin agar pada footernya berisi halaman dalam angka romawi (I, II, III). Kemudian anda ingin sisa halaman berisi angka biasa (1, 2, 3, 4, 5, 6, 7). Berikut ini adalah cara untuk melakukannya.

Pertama buka dokumen kosong / baru pada Word 2007. Kemudian masuk ke tab Insert, klik tombol Page Number, kemudian klik Bottom of Page, dan pilih Plain Number 3. Hal ini dapat dilihat seperti pada gambar 1. Kemudian klik tab Page Layout, tekan tombol Breaks, dan pilih Page. Lakukan dua kali untuk mendapatkan tiga halaman dokumen kosong.

PageBreak

Gambar 1. Menu Insert Page

Kalau sudah, anda akan mendapatkan halaman 1, 2, 3. Berikutnya klik kanan pada nomor halaman dan pilih Edit Field. Pada Field Properties, pilih Format, kemudian pilih I, II, III, ... dan klik OK. Maka halaman anda akan berubah menjadi I, II, III.

Berikutnya anda keluar dari halaman Footer dengan melakukan klik ganda pada halaman dokumen. Kemudian anda masuk ke Tab Page Layout, klik pada tombol Break, dan pilih Sections Break -- Next Page. Lihat gambar 2. Setalah itu anda ulangi lagi langkah untuk menambah page pada bagian awal artikel ini sampai tujuh kali. Kembali ke Footer pada halaman ke IV. Setelah itu anda highlight angka IV pada page IV. Klik pada tombol di atas yang berjudul Link to Previous. Pastikan tombol tersebut dalam keadaan tidak aktif. Jika tidak aktif maka tab biru yang isinya Save as Previous akan hilang. Hal ini diperlukan agar halaman keempat benar-benar bisa berbeda dari tiga halaman sebelumnya.

SectionBreak

Gambar 2. Section Break

Link

Gambar 3. Link to Previous

Kemudian anda klik kanan highlight angka IV tadi dan pilih Edit Field. Ganti Format dengan 1, 2, 3,.... klik OK. Setelah itu klik Page Number, Format Page Number. Lihat gambar 4 dan 5.

PageNumber

Gambar 4. Page Number

PageNumber2

Gambar 5. Format Page Number

Klik pada Start at dan pilih 1. Hal ini akan mengubah angka 4 menjadi 1. Demikianlah maka hasil akhir akan terdapat 10 halaman dokumen kosong dengan 3 halaman angka romawi dan 7 halaman angka biasa.

No comments:

Post a Comment


Powered By Bloomberg