Thursday, December 13, 2007

Review Pameran Komputex Expo 2007

Pameran Komputex Expo 2007 memang merupakan pameran yang unik dan beda dibanding pameran komputer pada umumnya. Yang pertama terlihat adalah HTM (Harga Tiket Masuk) yang 50% lebih mahal :((. Pameran lain hanya Rp 2.000,00, Komputex Rp 3.000,00.

Yang kedua adalah salut untuk pameran ini, karena tidak semua SPGnya cantik-cantik. Sayang penulis tidak sempat mengetes keahlian SPG tersebut. Salah satu hal yang membuat penulis salut adalah di stannya Hitachi waktu penulis tanya berapa harga harddisk 2,5" yang 7200 rpm. Pegawainya (gak tahu lagi kalau itu bosnya :P) dengan cekatan mengerti dan dapat memberi penjelasan dengan baik. Dia mengatakan bahwa barusan pada pameran komputer sebelumnya ada barangnya dengan harga $250 untuk kapasitar 250 GB.

Di stan Hitachi tersebut penulis mempelajari bahwa HDD 2,5 termurah / GB adalah harddisk dengan kapasitas 160 GB yang harganya sekitar 1 juta lebih sedikit. Untuk kapasitas berikutnya 250 GB harganya naik hampir 2 kali lipat. Semua hdd tersebut berkecepatan 5400 rpm.

Seperti pameran Komputex Expo sebelumnya, kali ini pameran ini juga ingin membuat rekor konyol. Mengapa penulis sebut rekor konyol? Karena semua rekor yang diciptakan hanya butuh DUIT, bukan keahlian. ORANG DENGAN DUIT LEBIH BANYAK AKAN DENGAN MUDAH MEMECAHKAN REKOR TERSEBUT. Tahun lalu pameran ini membuat rekor pameran 1000 LCD kalau tidak salah. Itupun waktu itu banyak yang mati LCDnya. Jadi hanya berfungsi sebagai hiasan tembok saja.

Tahun ini rekornya adalah pohon natal dari Notebook. Ya itu sih gampang. Kasih penulis 100 notebook, maka penulis bisa menyusunnya seperti pohon natal. APALAGI DENGAN MENGGUNAKAN KOTAK DISPLAY YANG DIDESAIN KHUSUS UNTUK ITU. LAIN CERITANYA KALAU LAPTOP-LAPTOP TERSEBUT DISUSUN SEPERTI HALNYA AKROBATIK PADA SIRKUS TANPA MENGGUNAKAN ALAT PENGAMAN / PENYANGGA TAPI DAPAT DENGAN SEIMBANG MEMBENTUK MODEL POHON NATAL. NAH INI BARU REKOR!!! Tapi tetap saja tidak ada hubungannya dengan teknologi.

Kalau boleh usul buat tahun depan, rekor itu adalah memecahkan score 3DMark. Ada 2 cara. Yang ke-1 adalah tidak perduli hardware apapun yang digunakan, tapi intinya scorenya harus memecahkan rekor. Misal mau pakai 8 core Xeon, Geforce 8800 Ultra Triple SLI, TERSERAH, yang penting rekor tercapai. Tahun depan sih pecahkan rekor dari 3DMark Vantage :D. Yang ke-2 adalah memecahkan rekor dengan sebuah chipset vga tertentu. Misal ektrimnya begini: Ini adalah score tertinggi di seluruh dunia untuk VGA 8400 GS (Vga directX 10 paling pelan di atas Radeon HD 2400). Terserah mau dioverclock habis-habisan. Pakai delapan Core. Memori 16 GB. TERSERAH!!!! Yang penting rekor untuk 8400 GS terpecahkan. NAH KALAU INI BUTUH KEAHLIAN DAN BERHUBUNGAN DENGAN TEKNOLOGI. ASAL ADA DUIT BANYAK BELUM TENTU BISA MEMECAHKAN REKOR. APALAGI YANG PUNYA DUIT GAK NGERTI OVERCLOCK.

Selain itu mau rekor buat clock prosesor tertinggi di dunia. Cari prosesor Core 2 Duo yang "golden sample" kemudian overclock sampai edan. Jika bisa tembus 6 Ghz maka dijamin semua web akan mengulasnya bahkan sampai internasional.

Kalau mau juga pecahkan rekor PC / Notebook dengan score tertinggi / rupiah. Entah mau pakai 3DMark / PC Mark. Setiap stan komputer HARUS BERPARTISIPASI. Nah dengan ini kan dunia TI kita bisa maju. Setiap stan akan berlomba-lomba membuat skor tertinggi dan akhirnya harga bersaing. Ujung-ujungnya konsumen yang diuntungkan.

Klaim kedua adalah mengenai VGA terhebat. Siapa bilang SATU biji Geforce 8800 GT adalah VGA terhebat? JAMAN SEKARANG VGA TERHEBAT MINIMAL DUA BIJI. Kalau ingin klaim tersebut benar, gunakan Geforce 8800 ULTRA SLI ATAU TIGA BIJI AMD RADEON HD 3870. Kalau tahun depan masih membuat klaim yang sama, minimal gunakan Geforce 9800 Ultra Triple SLI. Yang sangat disayangkan adalah tidak adanya AMD Radeon 3870 ataupun 3850 dalam pameran ini.

Klaim ketiga adalah tentang Longhorn Server. Penulis sudah keliling stan dan tidak menjumpai adanya Longhorn Server. Yang ada hanya Vista dan Linux serta XP. Kalau misalnya ada DVD Windows Server 2008 RC 1 Rp 10.000,00 penulis langsung beli 1! Untuk DVD linux sih penulis merasa kemahalan. Masa DVD Linux dijual Rp 25000 / keping? Kalau per judul masih Ok. Per judul maksudnya Fedora Core 8 32 bit dan 64 bit 2 DVD 25 ribu. Nah itu penulis SIKAT! Kalau CD nya masih murah. Per CD dijual 5000.

Mengenai spek PC sih, dilihat sekilas sudah tidak ada memori 256 MB. KEMAJUAN!!!. Dengan DDR II 1 GB yang hanya 300 ribu alangkah baiknya 90% spek komputer menggunakan memori ini. Penulis juga salut dengan cukup banyaknya komputer yang berspek memori 2 GB. Kalau bisa pameran ini memecahkan rekor yang mudah yaitu satu-satunya pameran yang HANYA menawarkan notebook dengan VGA tidak onboard dan harddisk 7200 rpm. Kalau itu masuk MURI masih PANTES lah ketimbang pamer LCD / laptop, ATAU DIGABUNG. Semua laptop yang dibentuk pohon natal itu VGAnya Geforce / Radeon dengan harddisk 7200 rpm. Kalau mau lebih unjuk gigi lagi, demokan saja notebook dengan hdd 0 (nol) RPM. Dengan menggunakan SSD yang harganya jutaan untuk harddisk maka setidaknya bisa membuat konsumen terkesan.

Mengenai demo aplikasi ya sudah cukup membaik. Ada demo Vista dan Crysis. Yang lebih lucu lagi adalah cukup banyak demo layar bios yang berada di bagian sistem informasi. Kalau demonya pada menu overclock mungkin masih masuk akal.

Penulis juga mengucapkan salut kepada pihak penyelenggara yang memilih AJBS dibandingkan dengan Jatim Expo yang sesak dan toiletnya jauh. Sayangnya penulis tidak menjumpai dua stan kesukaan penulis: Gigabyte dan Canon. Selain itu banyaknya tutorial dan acara-acara menarik cukup menjauhkan kesan bahwa pameran komputer ini adalah pameran mono (pembeli cuma lihat / beli).

NILAI KESELURUHAN: *******--- (7/10)

No comments:

Post a Comment


Powered By Bloomberg