Wednesday, November 21, 2007

TAHUKAH ANDA: FULL HD DI MONITOR 15"

Selama ini bila kita ingin membeli monitor yang mendukung full HD (High Definition), kita selalu dihadapkan pada monitor 24" atau lebih. Tapi masalahnya adalah monitor dengan 24" atau lebih harganya MAHAL. Memang sih dilema kalau monitornya terlalu kecil dan resolusinya terlalu besar, maka tulisannya akan tampak kecil sekali.

Idealnya sih ya tergantung kebiasaan tiap orang. Penulis merasa nyaman dengan monitor CRT 17" dengan resolusi 1280 x 1024. Walau monitor penulis mendukung resolusi 1600 x 1200, tapi itu terlalu kecil. Sebagai gantinya kemampuan lebih ini dialihkan ke refresh rate. Penulis menggunakan refresh rate 85 Hz.

Monitor yang penulis maksud dalam judul adalah monitor dari laptop DELL LATITUTE 830. Di website-nya disediakan beberapa pilihan seperti pada gambar. Jika Anda ingin membeli laptop yang kuat dan mudah dibawa-bawa dengan monitor full HD (1900 x 1080), maka laptop ini adalah yang anda inginkan. Harganya? Cukup tambah 2 jutaan dari spek semula.

D

Gambar 1. Pilihan Monitor pada Dell Latitute 830

Era menonton film full HD dengan resolusi native dan mobile telah datang. Mengenai seberapa kecil tulisannya, penulis tidak tahu. Tambahan lagi, jika Anda ingin mendapatkan barang ini, siapkan setidaknya 20 juta rupiah.

1 comment: