Friday, November 30, 2007

Nama Camera Canon yang Membingungkan

Jika anda mengikuti perkembangan kamera tentu mengenal kata EOS. Canon EOS merupakan salah satu kamera digital terbaik di dunia. Pada generasi DIGIC II flasgship kamera Canon adalah EOS 1Ds Mark II yang bisa 16 megapixel. Kamera ini harganya 65 juta rangka saja (harga waktu keluar dan tanpa lensa). Beberapa waktu lalu Canon meluncurkan kamera digital dengan generasi DIGIC III.

Tapi setelah dilihat-lihat spek flagshipnya yaitu EOS 1D Mark III kok hanya 10 Mpx, padahal generasi sebelumnya 16 Mpx. Anda tahu kenapa? Pada awalnya teman saya mengira bahwa hasil kamera 10 mpx FULL FRAME lebih baik daripada 16 Mpx yang tidak full frame.

Satu Dua bulan setelah kejadian itu, ada lagi kamera baru Canon. Namanya Canon EOS 1Ds Mark III dengan spesifikasi 21 Mpx. Tentu saja penulis yang membaca berita tersebut heran bukan kepalang. Kok bisa produknya sama tapi speknya beda. Mana sih yang benar 10 Mpx atau 21 Mpx?

Setelah cek dan recek terhadap berita terbaru. Penulis baru yakin, bahwa ternyata dulu speknya salah. Lebih logis ini, generasi baru lebih baik dari generasi sebelumnya. Tapi penulis kembali dibingungkan oleh browsur di koran. Distributor Canon Indonesia beriklan di koran. Mereka meluncurkan produk Canon EOS 1D Mark III, lagi-lagi dengan spek 10 Mpx.

Setelah berkonsultasi dan mencari-cari lagi dengan penuh kebingungan, akhirnya penulis tahu akar masalahnya. Ini untuk QUIZ aja. Ayo para pembaca, anda tahu kesalahannya dimana? Jawaban dapat diberikan pada komentar :).

No comments:

Post a Comment


Powered By Bloomberg