Friday, November 30, 2007

Hardisk "Hijau" dari Westren Digital

Akhir-akhir ini, barang elektronik yang berlabel "hijau" mulai populer. Maksudnya "hijau" adalah barang elektronik tersebut ramah lingkungan. Mulai dari tidak menggunakan komponen yang berbahaya (bagi lingkungan), sampai barang tersebut hemat listrik.

Barang-barang elektronik "hijau" sekarang menjadi daya tarik tersendiri. Dengan banyak label pada kemasannya, seperti ROHS, Star Energy, dll. Pada dunia harddisk, baru Westren Digital yang menyediakan harddisk "hijau" ini. Namanya Westren Digital GreenPower Caviar 500GB dan 1 TB.

Inti dari harddisk ini adalah hemat energinya. Energi yang dibutuhkan bisa 30% lebih rendah daripada harddisk biasa. Putaran platternya > 5400 rpm, tergantung kebutuhan. Berikut ini adalah speknya:

 

Perusahaan

Western Digital

Model

Caviar GP

Nomor Model

WD10EACS

Kapasitas

1,000 GB

Kepecatan Putaran

5,400 to 7,200 RPM

Kapasitas lain

500, 750 GB

Jumlah Plater

4

Cache

16 MB

NCQ

Yes

Interface

SATA/300

 

Harga untuk yang 500 GB sekitar $150, dan itu 10% lebih mahal dibanding Caviar yang normal dengan cache 1/2x lebih kecil. Secara umum harddisk ini tidak dibuat untuk menciptakan rekor baru dalam hal kecepatan, tetapi hardisk ini telah mencipktakan rekor baru dalam hal kebutuhan energi. Dengan kebutuhan tenaga hanya 12W saat digunakan penuh, dan 4W saat nganggur (idle), hardisk 1000 GB ini jelas memecahkan rekor.

Editor kita saja kalau membutuhkan harddisk katanya akan membeli harddisk ini :D. Penulis sangat menyukai harddisk buatan WD karena belum pernah penulis mengalami / mendengar harddisk merek WD rusak. Sedangkan kedua harddisk penulis merek Seagate telah rusak. Penulis juga sering mendengar harddisk Maxtor rusak. Harddisk Quantum penulis juga rusak, tapi itu masih bisa dimaafkan karena jatuh.

Hati-hati kalau beli Seagate. Penulis pernah ditipu oleh sebuah dealer Seagate di THR lantai 3. Penulis minta Seagate 7200.10 yang cachenya 16MB. Waktu beli penulis juga udah konfirmasi dan dibenarkan oleh stafnya. Ternyata sampai rumah penulis cek cachenya cuma 8MB. Hati-hati!!.

Sedikit cerita mengenai HDD penulis. Waktu pertama beli 630 MB tahun 1996 merek apa lupa. Kemudian tahun 1999 penulis tukar tambah dengan Quantum Fireball ES 5,1 GB yang endingnya jatuh dari 1 meter dan rusak. Tahun 2003 penulis membeli harddisk Seagate 28 GB. Waktu itu katanya di Jawa Timur hanya kebagian 2 stok. Yang satu sudah dibeli orang, satunya lagi rebutan antara penulis dan satu orang. Akhirnya penulis yang mendapatkan harddisk tersebut. Hari berganti hari, tiga tahun kemudian, tanpa sebab, tanpa pemberitahuan, harddisk Seagate penulis yang boleh dibilang agak-agak flagship itu akhirnya sudden death. Semua data kuliah penulis hilang.

Waktu itu penulis agak-agak kapok membeli harddisk Seagate. Tahun 2005 / 2006 penulis membeli harddisk WD 120 GB. Harddisk ini memiliki cache 8 MB dan banyak digunakan sebagai harddisk review pada situs-situs hardware international. Harddisk itu masih "fully functional" dan "operating under normal parameter". Berarti penulis tidak salah memilih harddisk.

Terakhir untuk keperluan tugas akhir, penulis membeli Harddisk Seagate 7200.10 250 GB 16 8 MB cache SATA II. Semoga saja penulis tidak terjebak dengan garansi lima tahunnya. Waktu itu penulis sudah ingin membeli harddisk WD lagi, tapi karena stoknya habis terpaksa penulis membeli Seagate.

Saat ini WD telah memecahkan minimal dua rekor harddisk desktop, yaitu:

- Harddisk tercepat desktop dengan 10.000 rpm RAPTOR

- Harddisk terhemat dekstop (dalam kebutuhan energi).

Akhir kata kalau harddisk Seagate penulis yang baru ini beberapa tahun rusak lagi, maka penulis selamanya tidak akan membeli harddisk dari Seagate. Anehnya semua harddisk yang mereknya jelek (Maxtor) malah dibeli Seagate.  Biasanya perusahaan bagus baru diincar orang. Dunia benar-benar aneh.

 

Sumber:

http://www.tomshardware.com/2007/10/11/wd_caviar_gp/

http://www.theinquirer.net/gb/inquirer/news/2007/11/29/wd-puts-drive

No comments:

Post a Comment


Powered By Bloomberg