Wednesday, February 8, 2017

Blibli.Com Chinese on Fire

blibli

Anda pasti sudah sangat kenal dengan blibli.com. Salah satu jawara online marketplace di Indonesia yang aktif mengadakan program. Tidak lupa, dalam program kali ini, saya turut berpartisipasi sehingga mendapatkan 6 buah kode token. Wao. Saya cukup gemar dan sering melakukan transaksi di blibli.com. Bahkan walau ada masalah mengenai apa yang ada di artikel ini, saya masih melakukan pembelanjaan juga pada hari ini. Bagi saya, reputasi blibli.com sangat baik di mata saya. Ok, lanjut...

Mau tahu kode token bisa ditukarkan apa saja? Mari kita simak

Syarat dan ketentuan berlaku di bawah ini, saya sadur dari link asli blibli.com
Syarat & Ketentuan Umum :

1. Periode promo 16 - 31 Januari 2017.
2. Customer mendapatkan 1 kode token setiap melakukan transaksi dengan minimum pembayaran Rp 500.000 (setelah dipotong voucher/diskon/biaya pengiriman, tidak berlaku kelipatan). Tukarkan token Anda dan dapatkan produk pilihan hanya Rp10.000.

    • 1 token – Voucher Pulsa Rp25.000 (provider telepon: Bolt, Indosat, Tri, XL, Telkomsel)
    • 2 token – Bakmi Mewah Rasa Ayam Makanan Instan [110 gr x 6 pcs]
    • 3 token – Tropical Minyak Goreng Pouch [2000 ml x 2 pouch]
    • 4 token – Nutella Hazelnut Spread with Cocoa [350 g]
    • 5 token – Lock&Lock ABF722 Bisfree Botol Minum [700 mL]
    • 6 token – Maxim Venice Panci Set [5 Pcs]
    • 7 token – KFC Gift Voucher Rp 300.000 [@Rp. 20.000]
    • 8 token – Orentina 705 Koper - Red [20 Inch]
    • 9 token – Oxone OX-121 Eco Coffee & Tea Maker - Putih
    • 10 token – Sanken SJ-150 Rice Cooker (1.2L)

3. 1 user ID hanya berhak mendapatkan maksimum 10 kode token selama periode promo.
4. Promo tidak berlaku dengan metode pembayaran COD (Bayar di Tempat).
5. Dengan mengikuti program ini, maka pelanggan dianggap mengerti dan menyetujui semua aturan yang berlaku.
6. Blibli.com berhak secara sepihak membatalkan pesanan dan/atau menonaktifkan kode token apabila tidak sesuai dengan syarat & ketentuan berlaku dan/atau ditemukan adanya indikasi kecurangan/pelanggaran yang merugikan pihak Blibli.com termasuk namun tidak terbatas pada penggunaan lebih dari 1 (satu) akun oleh 1 (satu) customer yang sama dan/atau nomor handphone yang sama dan/atau alamat pegiriman yang sama dan/atau nomor rekening/kartu kredit/debit yang sama.

Syarat & Ketentuan Penukaran Kode Token & Produk Pilihan :
1. Kode token akan dikirimkan via email paling lambat 7 hari kerja setelah pembayaran diterima.
2. Periode penukaran kode token mulai 25 Januari - 10 Februari 2017.
3. Produk pilihan akan diberikan dalam bentuk voucher/Promo ID yang dikirimkan via email sehingga customer dapat melakukan pembelian produk pilihan senilai HANYA Rp 10.000
4. Stok produk pilihan terbatas dan tidak akan ada pengisian ulang stok. Apabila salah satu produk pilihan yang disediakan telah habis, customer dapat memilih produk pilihan lainnya yang masih tersedia.
5. Blibli.com berhak mengganti warna produk pilihan tanpa pemberitahuan sebelumnya.
6. Produk pilihan tidak dapat ditukarkan dengan uang/produk lainnya.

Syarat & Ketentuan Kode Voucher Produk Pilihan:
1. Produk pilihan hanya Rp10.000 hanya dapat dibeli menggunakan kode voucher Chinese New Year on Fire dan hanya berlaku untuk 1 unit produk. Pembelian lebih dari 1 unit produk dan/atau tanpa kode voucher akan dibatalkan.
2. Kode voucher hanya berlaku untuk produk yang tertera pada link (link akan dikirimkan melalui email setelah customer menukarkan kode token).
3. Kode voucher hanya dapat digunakan 1x.
4. Kode voucher tidak digabungkan dengan promo lainnya.
5. Kode voucher berlaku hingga 17 Februari 2017.


Nah, apa yang saya lakukan dengan kode token saya? Saya tukarkan 6 kode token dan mendapatkan 6 buah kode voucher. Dari token jadi voucher. Asik

Pilihan saya jatuh di nomor 3, yaitu 3 token – Tropical Minyak Goreng Pouch [2000 ml x 2 pouch]. Namun... penukaran ini akan menjadi salah satu penyesalan saya. Apalagi, saya tukarkan semua menjadi minyak ini...
Program ini tidak berjalan dengan lancar (menurut saya, bukan menurut blibli.com). Apa dasarnya menurut saya tidak berjalan lancar? Sebelum berbicara lebih lanjut, untuk penukaran minyak tropical tsb, saya harus membeli produk
https://www.blibli.com/cny-tropical-minyak-goreng-pouch-2000-ml-2-pouch-BLC.15022.00533.html
Kemudian, memasukkan kode voucher sehingga ilustrasinya seperti berikut



Memang benar, bahwa harga barang 65.800 dipotong 55.800, akan tetapi, masih dibebankan biaya pengiriman sebesar 66.992 sehingga total yang harus dibayar 76.992. Mengapa??
Mari kita mengacu pada poin di atas
3. Produk pilihan akan diberikan dalam bentuk voucher/Promo ID yang dikirimkan via email sehingga customer dapat melakukan pembelian produk pilihan senilai HANYA Rp 10.000
Apalah artinya kalau voucher tersebut digunakan untuk mendapatkan 2x Minyak Tropical 2 Liter dengan harga 76.992 ??
Sepertinya ada yang tidak match. Kemudian pada tanggal 7 FEBRUARI 2017. Saya menghubungi blibli.com via live chat. (Silahkan klik untuk memperbesar)



Sehari kemudian, tanggal 8 Februari 2017 saya mendapatkan email balasan seperti ini
Hai Fellix Gunawan 
Terima kasih atas kepercayaan Anda berbelanja di Blibli.com dan menjadikan Blibli.com e-commerce pilihan Anda. Menindaklanjuti biaya pengiriman yang dikenakan untuk penggunaan kode voucher chinese new year, sesuai dengan promo chinese new year memang tidak mengcover biaya pengiriman sesuai dengan syarat dan ketentuan  https://www.blibli.com/promosi/kuliner-cny. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.
Jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi website kami di
www.blibli.com. Demi peningkatan pelayanan kami, mohon mengisi survey mengenai pelayanan Customer Care kami dengan mengunjungi link ini.
Salam Hangat,
Tiwi - Customer Care
Blibli.com


Sangat disayangkan. bahwa poin pertanyaan saya adalah di
https://cny2017.blibli.com/
sedangkan jawaban Customer care – Tiwi, adalah mengenai
https://www.blibli.com/promosi/kuliner-cny.

2 link tersebut adalah 2 program berbeda, dengan ketentuan yang berbeda, dan tidak ada sangkut pautnya (menurut saya). Yang saya perhatikan, apakah CS Tiwi benar menjawabnya (memang benar bahwa 2 link tersebut berhubungan), atau CS Tiwi memang salah konteks pembicaraan.
Pertanyaan saya sangat sederhana. Mengapa tidak seperti banner dan poin nomor 3? Bahwa saya bisa mendapat pilihan-pilihan produk dengan harga Rp. 10.000
Ternyata, tukar dengan minyak goreng Tropical 2x 2 Liter, malah harus membayar 76.992?
Yang lebih sedih... saya punya voucher 2x (2x 2 Liter Tropical). Alias 6 kode token, terlanjur saya tukarkan menjadi 3 token + 3 token.

Sampai hari ini, saya masih menunggu jawaban yang match antara pertanyaan dan jawaban. Agar para pembaca tidak sangka saya yang mengada-ada. Mungkin perlu diketahui bahwa saya member blibli.com sejak Oktober 2013 dengan omzet yang sudah bukan lagi dalam satuan belasan juta.




Kalau diingat-ingat, selama ini sepertinya belum ada dispute mengenai syarat dan ketentuan. Akan tetapi, kali ini saya merasa sangat tidak puas dengan jawaban CS Tiwi Blibli.com. Pada tanggal 08-02-2016 jam 11.00 saya sedang live chat dengan Pak Jordan untuk meminta konfirmasinya.

Perlu diingat, bahwa tulisan ini saya buat untuk mencari kejelasan untuk program
https://cny2017.blibli.com/
Sehingga antara saya, maupun live chat yang selalu berganti-ganti orang, tahu duduk masalahnya dari awal. Dan yang paling penting, memiliki 1 point of view yang sama mengenai masalah ini.
Tidak ada maksud menuntut apalagi menghakimi. Saya hanya ingin mendapat penjelasan yang memuaskan antara syarat dan ketentuan blibli.com dengan masalah yang saya hadapi. Apakah benar saya yang benar, atau apakah benar blibli.com yang benar.

Apakah benar bahwa banner CNY 2017 blibli.com benar bahwa "saya bisa mendapatkan produk pilihan hanya Rp. 10.000" dan bukan Rp. 76.992 ?


Tanggal 10-02-2017
Saya mendapat email yang berisi seperti ini

Terima kasih atas email Anda. Mohon lakukan pemesanan kembali hari ini karena informasi yang kami terima dari tim terkait kami sudah dilakukan setting kembali. Mohon konfirmasinya jika Anda masih dikenakan biaya pengiriman. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya, kami tunggu konfirmasi Anda :)
Jika ada hal lain yang ingin ditanyakan, bisa menghubungi Kami kembali. Demi peningkatan pelayanan kami, mohon mengisi survey mengenai pelayanan Customer Care kami dengan mengunjungi link ini.

Salam Hangat,

irma - Customer Care
Blibli.com

Sepertinya, saya sudah mendapatkan solusi untuk masalah ini.
Sesuai dengan petunjuk di email tersebut, saya lakukan lagi pembelian seharga 10.000 rupiah, dan berhasil sebanyak 2x transaksi



Tunggu order saya selanjutnya di blibli.com

No comments:

Post a Comment