Tuesday, January 12, 2010

Internet Smart True 3,1 mbps Best Case

Berikut ini adalah hasil TERBAIK internet Smart paket Platinum 3,1 mbps:

Smart

Gambar 1. Internet Smart true 3,1 mbps Best Case

 

Hasil diatas adalah hasil dari download file yang dibatasi filenya. Saya belum coba menggunakan server IIX yang dipastikan akan menghasilkan hasil rata-rata lebih baik. Perlu diingat hasil diatas adalah hasil TERBAIK, bukan hasil UMUM / RATA-RATA / TERBURUK. Kalau hasil diatas adalah hasil terburuk, maka minimal anda akan mendapatkan hasil diatas. Tapi karena ini hasil terbaik maka setelah anda berusaha mati2an mengoptimalkan internet Smart anda baru bisa dapat hasil diatas.

 

Jika tadi masih mengambil email dari Gmail waktu beberapa jam awal2 maka 160 KB untuk Outlook dan 160 KB/s untuk download file dengan total 320 KB/s alias 2560 kbps. Hasil test Speedtest.net menunjukkan hasil 2,7 mbps. Menurut SpeedTest effisiensi Smart adalah 87%. Lumayan walau belum 90% lebih dari teori 3,1 mbps.

 

Berita terbaru tentang Smart adalah Smart telah resmi meluncurkan EVDO rev B di Bali. Selain itu Smart juga akan melakukan hal yang sama di beberapa kota lain di Indonesia. Di satu sisi ini kabar baik, tapi juga kabar buruk. Smart tidak cocok untuk digunakan berinvestasi. Mengapa? Karena modem EVDO Rev A yang anda beli minimal 1 juta (termasuk PPN) sepertinya 99% tidak akan mendukung EVDO Rev B. Hal ini tidak masalah jika pertama keluar sampai sekarang sudah beberapa tahun. Faktanya adalah Smart EVDO rev A baru 1/2 tahunan. Yang paling ngenesmenderita tentu saja pembeli modem EVDO rev A pertama di BALI, dimana sekarang sudah ada Rev B. Saran saya sih semoga Smart menawarkan tukar tambah.

 

Saran kedua adalah lakukan apa yang Intel / Nvidia / perusahaan IT besar lainnya lakukan ketika meluncurkan produk baru. Di segmen yang sama produk baru akan seharga produk yang digantikan dan produk lama akan turun harganya sebelum menghilang. Dengan demikian seharusnya EVDO rev B kalau memang satu paket akan seharga ultimate, Ultimate seharga Platinum, dan seterusnya.

 

Peringatan terkahir, gambar diatas adalah BEST CASE!

1 comment:

  1. "Saran saya sih semoga Smart menawarkan tukar tambah. "

    Semoga sarannya didengar oleh Tuhan YME

    ReplyDelete


Powered By Bloomberg