Sunday, October 11, 2009

Pekerjaan Terberat Komputer Home User

Pekerjaan apa yang terberat bagi komputer home user? Main game? Benchmark? Editing Video HD 1080? Jawabannya ternyata diluat itu semua. Pekerjaan terberat bagi komputer home user adalah mengenali dan mengelompokkan wajah dari sebuah foto.

Komputer saya Sempron 2800+ 1,6 Ghz di overclock ke 2 Ghz. Itupun dengan jam kerja sehari penuh (kecuali tidur dimatikan). Sudah hampir seminggu masih belum selesai. Masih 94%. Padahal kerjanya sih cuma cari apakah ada wajah di dalam foto. Kalau ada ambil potongan wajah tersebut. Terakhir cari kemiripan wajah tersebut dengan wajah yang lain.

Picasa

Gambar 1. Pengenalan Wajah Pada Picasa

Gambar-gambar yang dikenali diberi nama ada pada sebelah kiri. Gambar yang belum diberi nama ada di tengah. Yang ditengah bisa dipilih mau dikelompokkan atau individu. Maksudnya dikelompokkan otomatis oleh Picasa atau manual oleh kita. Dalam gambar diatas otomatis oleh Picasa. Sedangkan yang sebelah kanan adalah wajah-wajah yang menurut Picasa adalah satu orang yang sama. Dalam kasus ini memang tidak benar. Tapi dari pengalaman saya, lebih banyak kasus dimana Picasa dapat dengan benar mengelompokkan orang.

Anggap anda menggunakan prosesor yang 10x lebih cepat dari Sempron 2800+ yang dioverclock 2 Ghz. Maka anda akan mendapatkan progress 94% dalam 1 hari. Mungkin tidak sampai 2 hari. Tapi tetap saja ini proses yang lama. Padahal satu foto belum tentu ada wajah orang (misalkan pemandangan alam) bisa pula penuh orang (misalkan foto wisuda kelompok). Padahal koleksi foto saya itu 50% lebih adalah pembayatan dan wisuda. Total satu folder dapat dilihat pada gambar 2.

Gambarku

Gambar 2. Koleksi Gambarku.

Hmmmm hanya 37 GB saja dan 25 ribu file. Masa butuh seminggu lebih pakai Sempron yang di OC. Jadi beratkan?

No comments:

Post a Comment


Powered By Bloomberg