Thursday, October 8, 2009

Mendapatkan Tes File Gambar

Tes file gambar digunakan untuk menguji banyak hal. Salah satu yang penting adalah untuk kalibrasi warna. Contoh-contoh test file gambar yang penuh warna itu cocok untuk ditampilkan di monitor ataupun dicetak di printer.

Jika di monitor anda amati apakah gambar tersebut ada yang aneh. Jika ada silahkan rubah setting monitor anda. Yang pasti gambarnya tidak ada masalah.

Hal yang sama juga berlaku pada printer. Jika anda mencetak gambar ini dan menemukan ada yang aneh, maka cobalah cek setting printer anda. Jika anda tidak mau repot-repot mengkalibrasi warna secara subjektif, anda dapat membeli hardaware khusus untuk kalibrasi warna.

Kalibrasi warna berguna agar warna hijau yang ditampilkan di monitor atau di printer benar-benar warna hijau. Hal yang sama juga berlaku untuk warna-warna lainnya. Mempertahankan warna itu sangat sulit sekali! Handphone anda misalkan warna merah sekarang, geser tempat dikit / tunggu waktu sedikit saja maka warna merah sekarang tidak sama dengan warna merah yang tadi.

Karena itu urusan mempertahankan warna merupakan urusan profesional dan alat-alatnya mahal. Kalau anda ingin mencoba sih sederhana. Buka paint. Kasih warna merah, atau hijau, atau biru. Simpan file tersebut sebagai bmp. Buka file ini di monitor lain. Dapat dipastikan file yang sama ini akan terlihat berbeda.

Kalau anda ada laptop disebelah komputer anda, maka ini adalah cara tepat untuk membandingkan. Karena itu, untuk meminimalkan perbedaan warna ini digunakan kalibrasi warna. Kalibrasi / Pencocokan warna ini bisa digunakan untuk banyak hal. Mulai dari yang ringan-ringan untuk home user seperti monitor, printer, scanner, kamera digital, dan lain-lain. Sampai kelas berat seperti perusahaan percetakan.

Kalau anda menuju ke webpage untuk para fotografi / desain grafis profesional pasti ada peringatan bahwa apa yang anda lihat tidak sama dengan apa yang mereka (penulis artikel) lihat. Hal ini wajar saja karena di penulis artikel sudah menggunakan alat kalibrasi sementar belum tentu si pembaca mengunakan alat kalibrasi juga.

Baiklah tanpa banyak teori lagi ini adalah alamatnya:

http://www.northlight-images.co.uk/article_pages/test_images.html

PERINGATAN! JIKA ANDA MENGGUNAKAN “THE NEW AND IMPROVED” REAL TELKOMSEL FLASH UNLIMITED YANG LIMITED ITU SEDIAKAN BANYAK WAKTU UNTUK MELAKUKAN HAL LAIN. KARENA “THE NEW AND IMPROVED” REAL TELKOMSEL FLASH UNLIMITED YANG LIMITED ITU SANGAT LAMBAT. MENDOWNLOAD FILE TEST GAMBAR TIF 27 MB SAJA BISA MEMBUTUHKAN WAKTU 2 JAM! PADAHAL ITU HANYA FILE GAMBAR! PADAHAL FILE TIF TADI ITU HANYALAH SATU FILE TEST GAMBAR DARI SEKAIAN BANYAK FILE TEST LAINNYA. LEBIH BAIK ANDA SIAPKAN DOWNLOAD MANAGER ANDA DAN TINGGAL TIDUR BUKAN UNTUK MENDOWNLOAD FILM HD 1080P TAPI HANYA MENDOWNLOAD GAMBAR =)). PARAH DEH!

No comments:

Post a Comment


Powered By Bloomberg