Monday, October 26, 2009

Ketidakberesan Smart EVDO

Smart EV-DO ternyata banyak ketidakberesannya, salah satunya seperti pada gambar dibawah ini:

SmartMencleg

Gambar 1. Ketidakberesan Smart EVDO

Pada gambar diatas, kotak hitam ada setting EVDO only pada modem ZTE EVDO. Sedangkan kotak oranye adalah setting EVDO pada modem Heier CE100 (gendut). Ada sebuah laptop Dell Latitude D630 disebuah koordinat yang sama di bumi ini. Kedua modem Smart tersebut ditancapkan ke laptop ini pada koordinat yang hanya berbeda beberapa cm (ingat letak port USB pada laptop memang beda beberapa cm).

Hasilnya sungguh mengejutkan! Disebuah kota dekat kota terbesar no 2 se-Indonesia yaitu Surabaya modem ZTE bisa menangkap singnal EVDO. Sedangkan beberapa cm dari koordinat itu Modem Heier CE100 masih kebingungan menangkap / mencari singnal EVDO. Pertanyaanya: Siapa yang tidak beres? Operator Smartnya? Modem Heiernya? Atau dua duanya?

Sepanjang pengetahuan saya yang rendah ini saya tidak menemukan cara untuk mengunci singnal CDMA khusus untuk hardware tertentu saja. Sehingga kalau hardwarenya cocok bisa tembus sampai 3,1 mbps kalau hardwarenya tidak cocok maka tidak bisa. Ini tidak ada hubungannya dengan yang satu modem dukung EVDO yang lain tidak. Tapi kedua-duanya support EVDO.

Mungkin ada pembaca yang mengetahui solusi dari masalah ini?

1 comment:

  1. saya pake smart evdo..
    beresss semuanya.. internetan lancar.

    ReplyDelete


Powered By Bloomberg