Friday, October 2, 2009

Batik 2 Oktober

Apa sih yang terjadi hari ini? Semua orang memakai batik kecuali saya? Nih ada sumber sedikit

Boston, Massachusetts, (tvOne)
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk berpesta batik pada 2 Oktober 2009. Ihwal ini berkaitan dengan akan diumumkannya batik sebagai warisan budaya dunia asal Indonesia oleh badan Perserikatan Bangsa-Bangsa urusan Budaya (UNESCO) pada tanggal sama.


Ajakan itu dilemparkan Yudhoyono saat berdialog dengan ratusan mahasiswa dan anggota masyarakat Indonesia di Boston, Sabtu (26/9) malam. "Saya ajak rakyat Indonesia di manapun berada menggunakan batik pada tanggal 2 Oktober," kata Presiden, yang disambut tepukan riuh hadirin yang mengikuti acara dialog tersebut di Hotel Four Seasons Boston.


Pada acara temu muka itu, Presiden, Ibu Negara Ani Yudhoyono, para menteri, dan anggota rombongan Presiden hadir dengan mengenakan batik. Demikian pula dengan sebagian besar masyarakat dan mahasiswa Indonesia yang hadir, mereka datang dengan mengenakan baju bermotif batik.


Menurut SBY, pesta batik perlu dilakukan agar dunia makin tahu bahwa seni kain batik memang berasal Indonesia. Batik mulai dikembangkan pada jaman Majapahit di abad ke-14. UNESCO sebelumnya telah mengakui keris dan wayang sebagai warisan budaya dari Indonesia.
Berkaitan dengan itu, Yudhoyono juga menjanjikan bahwa pemerintah akan mendaftarkan angklung untuk mendapat pengakuan yang sama dari UNESCO. Namun ia meminta masyarakat, terutama kalangan muda, untuk terus mengembangkan, mempelajari, dan memainkan musik angklung.


"Tapi harus diteruskan... karena itu adalah warisan yang harus terus dimainkan... jangan nanti justru dicabut (setelah dinyatakan UNESCO sebagai warisan budaya dunia asal Indonesia, red)," katanya mengingatkan.


Akan diakuinya batik sebagai peninggalan budaya dunia dari Indonesia oleh UNESCO, telah menyebar ke berbagai kalangan masyarakat, baik di dalam maupun luar negeri. Melalui berbagai forum, termasuk jejaring `Facebook`, mereka saling mengajak dan mengingatkan untuk memakai pakaian batik, khususnya pada 2 Oktober. (ant)

Saya kirain itu hoaxnya facebook. Ternyata memang resmi ya?

No comments:

Post a Comment


Powered By Bloomberg