Saturday, October 10, 2009

Analogi Bendwitdh Internet Dengan Bensin

Sepuluh tahunan yang lalu 1998, internet masih jarang. Kalaupun ada juga kurang menarik dan juga kecil-kecil. Sebelas tahun kemudian (hampir 12 juga sih), internet sudah tidak seperti dulu. Internet sekarang sudah menarik banyak orang dan juga sudah besar.

Bensin pada sepeda motor hanya butuh 2 – 3 liter untuk seminggu dengan jarak tempuh sekitar 91 KM. Kurang lebih dibulatkan 93 v 3 = 11 KM / liter. Kita waktu miskin hanya punya sepeda motor saja. Itupun sepeda motor buntut yang wis pokoknya murah. Sebelas tahun kemudian dari hasil kerja keras dan menabung akhirnya saya bisa membeli mobil. Kebetulan usaha lancar + hogi gede + keberuntungan tinggi jadi isa beli mobil Mercy atau sejenisnya (mobil mewah boros bensin).

Dulu demi menjaga keiritan + kerja, jaman dulu saya menjatah bensin 3 liter seminggu. Hal ini agar pegawai saya tidak menggunakan sepeda motor untuk puter-puter. Walaupun saya juga bisa menggunakan perkiraan waktu. Tapi kalau perkiraan waktu meleset bisa sajakan 1001 alasan, mulai dari macet dll. Akhirnya ya dari bensin itu. Bisa juga dari kilometernya. Tapi kilometer kalau mau bisa direset. Satu-satunya yang tidak bisa diedit adalah menggunakan jatah bensin.

Cara ini kuterapkan lagi. Karena sudah menjadi perusahaan besar. Maka semua armada dari sepeda motor jadul diganti menjadi mobil keren. Masalahnya kalau aku adalah “The new and Improved” Real “HSDPA” 6KB/s Telkomsel Flash Unlimited yang limited itu, aku sih tidak mau tahu. Seminggu bensin tetap kujatah 3 liter! Suka tidak suka mau tidak mau harus bisa! Mau mobil Mercy, BMW, Inova, dll pokoknya 3 liter seminggu dan harus bisa menempuh 91 KM / minggu.

Mustahilkan? Ya karena aku adalah “The new and Improved” Real “HSDPA” 6KB/s Telkomsel Flash Unlimited yang limited itu. Apa bedanya dengan internet sekarang. Dimana Video HD tinggal menunggu waktu booming. Video SD dan DVD tinggal menunggu waktu wis ketingggalan jaman? Tapi kita masih diberi 6 KB/s. Bagaimana bisa? Ya itulah Indonesia. Bagaimana pendapat anda?

“The new and Improved” Real “HSDPA” 6KB/s Telkomsel Flash Unlimited that is limited is forcing us to use 3 litters gasoline to travel 91 KM per week. It just the same as using Internet in 2009 with 6 KB/s. What do you thing?

[cerita diatas hanyalah analogi belaka. Cerita diatas tidak ada kesamaan dengan keadaan yang sebenarnya!]

No comments:

Post a Comment


Powered By Bloomberg