Saturday, September 19, 2009

500 MB Quota Itu Bisa Untuk Apa Sih?

Mulai 1 September Bangsa Indonesia ini resmi mengalami kemunduran di bidang Internet. Hal ini dikarenakan salah satu operator terbesar di Indonesia menurunkan Quota menjadi 500 MB dari semula 3 GB. Entah apa yang terjadi dengan mereka sehingga pikirannya mundur ke tahun 1998, yang jelas di tahun 2009 ini 500 MB adalah hal yang sangat sedikit sekali.

Logika paling sederhana adalah begini. Media penyimpanan masal umum apa termahal 500 MB yang masih dijual? SSD? Flashdisk? Compact Flash? Harddisk? CD Rom? Floppy? Blu Ray? Seingat saya sih Flashdisk 512 sudah super murah sekali. 256 MB sudah langka. SSD minimal 30 GB untuk umum, yang 8 GB itu bundle dengan tipe netbook tertentu dan itu juga sudah jaman batu. CD Rom tetap 700 MB. HDD sudah 2 TB. Blu Ray 25 GB. Floppy? Sudah gak ada yang jualan.

Pertanyaannya 500 MB itu bisa buat apa saja sih? Berikut ini adalah gambarnya:

AdobeCS4MC

Gambar 1. Update terbaru Adobe CS4 Master Collection

AtiCatalysis

Gambar 2. Driver Ati AMD Catalyist yang diupdate setiap bulan

BSE

Gambar 3. Buku Eletronik Sekolah

CodeRageIII

Gambar 4. Sesi Rekam Seminar Code Rage III

DellLatitudeD630

Gambar 5. Driver Dell Latitude D630

Dokumen

Gambar 6. Dokumen dari Web yang di save ke MHT

Email

Gambar 7. Email

Forceware

Gambar 8. Driver Nvidia Forceware yang juga update bulanan

FotoKeluarga

Gambar 9. Upload Foto Keluarga

Linux

Gambar 10. Download Linux

MSDN

Gambar 11. MSDN Member

Office2007SP2

Gambar 12. Microsoft Office 2007 Service Pack 2

OnOne

Gambar 13. Video Tutorial OnOne

VirusDef

Gambar 14. Virus Definition Download Harian

VistaSP

Gambar 15. Microsoft Windows Vista Service Pack 2

Baik download harian / bulanan, 500 MB terlihat sedikit. Apalagi untuk download patch / service pack. Semua yang terlihat di gambar diatas bisa didownload secara legal. Kecuali yang MSDN, tentu saja anda harus menjadi anggota berbayar MSDN baru bisa mendowloadnya.

Jaman 2009 ini sudah wajar sebuah anggota keluarga memiliki lebih dari sebuah komputer. Entah itu PC dan laptop atau kombinasi yang lain. Tapi dari beberapa komputer itu hanya satu yang terkoneksi Internet. Karena itu satu komputer yang terkoneksi internet bertugas mendownload virus definition. Syukur-syukur satu keluarga pakai satu perusahaan antivirus sehingga mereka hanya download satu file. Kalau tidak, maka download bisa beberapa kali lipat. Khusus untuk pc yang terkoneksi internet silahkan pakai Live Update atau apapun namanya, tapi anda tetap harus mendownload offline update untuk komputer yang tidak terkoneksi internet.

Jaman sekarang sudah bukan jamannya belajar dengan membaca. Jaman dulu saja yang namanya multimedia sudah populer apalagi jaman sekarang. Salah satu cara belajar yang enak adalah dengan mendownload video tutorial. Jaman sekarang sudah wajar untuk programmer menyediakan blog pribadi mereka sekaligus video tutorial untuk program-program yang mereka ciptakan. Microsoft, OnOne, Sun, Embarcadero, Adobe, Lynda adalah sebagaian kecil perusahaan yang menyediakan video tutorial.

Berdasarkan pengalaman pribadi saya, satu topik video tutorial terdiri dari beberapa bab. Satu bab terdiri dari beberapa hal. Satu hal / subbab terdiri dari satu video. Satu video berisi beberapa MB sampai puluhan bahkan ratusan MB. Satu topik bisa berdurasi 30 jam dan berisi lebih dari 300 video. Saya tidak yakin bagaimana bisa menyulap video tutorial itu menjadi 500 MB?

Analogi Telkomsel yang aneh ini adalah begini. Manusia jaman dulu hanya mengenal kelompoknya / desanya. Mereka tidak tahu ada desa yang lain. Apa yang mereka lakukan hanya berjalan. Jaman berlalu, mereka mengenal manusia lain dari lain desa. Mulailah ada kuda / kendaraan jaman dulu untuk ke desa lain. Hingga jaman sekarang manusia mengenal bulan. Manusia menggunakan pesawat ruang angkasa untuk ke Bulan. Pada kasus Telkomsel anggap saja Telkomsel adalah perusahaan transportasi monopoli dunia / bumi. Karena pesawat terbang terlalu banyak dipakai orang untuk apapun selain transport, maka Telkomsel ngembek. Akhirnya dibuatlah keputusan, karena banyak di abuse 10% pengguna pesawat terbang. Maka dengan ini kita Telkomsel hanya menyediakan SEPEDA. Silahkan kalau anda mau ke luar negeri naik SEPEDA. Naik sepeda untuk ke luar negeri sama dengan berinternet data beberapa GB dengan 6 KB/s. Tidak sampai-sampai / selesai2. Tidak realistis.

Semoga saja tulisan ini dapat menyadarkan Telkomsel dari ke[sebutkan saja hal2 yang buruk] mereka.

No comments:

Post a Comment


Powered By Bloomberg