Wednesday, August 26, 2009

Tip Melihat Pemakaian Bandwidth Internet untuk Setiap Applikasi

Sebulan terakhir ini Telkomsel telah melakukan apa yang dibawah janji mereka. Mereka menjanjikan worst case mendapatkan 64 kbps. Artinya kalau dapat bahasa Flashget dan sejenisnya angka download anda akan bertambah dengan 8 KB/s. Faktanya meskipun tahun 2009 8 KB/s itu termasuk sangat lambat sekali. Namun, Telkomsel masih “mengkorupsi” sebesar 25%. Bayangkan untuk sebuah diskon 25% beneran adalah sesuatu yang cukup besar. Akhirnya dapatlah bandwidth 6 KB/s atau 48 kbps.

Dengan bandwidth internet sepelan itu, sudah sewajarnya kita harus super waspada terhadap lalu lintas data. Networkx atau DUMeter atau program sejenis hanyalah meperlihatkan bandwidth keseluruhan. Beberapa program memiliki build in pengukur kecepatan, terutama download manager. Itupun kalau terjadi masalah kita harus mengecek satu persatu.

Sejak adanya Windows Vista, kita dapat menggunakan Resource Monitor untuk melakukan hal ini. Langkah-langkah menjalankan Resource Monitor adalah dengan membuka Task Manager – Tab Performance – Resouce Monitor. Lalu anda klik tab Network. Pada bagian paling atas terdapat Process with Network Activities. Lihat disana.

Disana terdapat semua program-program yang sedang mengakses internet. Lihat gambar satu.

Resource Monitor  

Gambar 1. Resource Monitor

Dari gambar diatas dapat diketahui bahwa Flashget sedang mendownload data. Dengan demikian kita bisa dengan tenang karena internet dipakai sesuai tujuan. Pada kasus lain mungkin terlihat bahwa ada program lain yang berusaha memakai internet tapi tidak kita inginkan. Program tersebut adalah program yang diberi tanda tangan digital sehingga pasti lolos dari firewall. Tapi kita dengan keterbatasan bandwidth internet ini ingin agar flashget cepat selesai.

Langkah pencegahan bisa dilakukan dengan mengeset mode “cerewet” pada Firewall kita. More cerewet ini untungnya bisa disimpan settingnya. Sehingga kita hanya repot pada awal-awal saja. Begitu pilihan demi pilihan program yang boleh dan tidak boleh akses internet disimpan oleh Firewall kita, maka walaupun ada program yang sudah ditandatangani digital ingin mengakses internet, maka firewall kita tetap akan menanyakan hal itu kepada kita.

Bagaimana kalau sudah terlambat. Terpaksa gunakan jurus pamungkas. Setting di firewall anda, tambah program yang tidak anda inginkan akses internet tadi ke block mode. Hati-hati! Jangan menambahkan browser atau hal2 sejenis. Karena ketika flashget sudah selesai dan anda ingin mengakses internet dengan program tadi, maka pasti tidak bisa.

Inti dari artikel ini adalah: Anda bisa menggunakan Resource Monitor untuk mengecek masalah internet anda.

No comments:

Post a Comment


Powered By Bloomberg