Monday, July 27, 2009

Rekor Ping Terbesar

Ping adalah sejenis perintah / program untuk mengecek kecepatan respond dari sebuah jaringan. Semakin kecil nilainya semakin cepat dan responsif jaringannya. Satuan ping adalah ms (milidetik) atau 1/1000 detik.

Ping yang normal adalah puluhan ms atau 1/100 an detik. Bagi komputer puluhan ms adalah hal yang lambat. Kecepatan transfer data pada L1 Cache malah hanya beberapa ns (nano second).

Sejak beberapa hari ini Telkomsel Flash sedang bermasalah. Hal ini menyebabkan kecepatannya yang menurun dratis dan juga hasil ping yang “mengerikan”. Berikut ini adalah gambarnya:

TelkomFlashPing

Gambar 1. Ping Telkomsel Flash Waktu Bermasalah

Oh iya selain faktor kecepatan ping, kekuatan jaringan juga diukur oleh penuhnya respon. Maksudnya kalau tanya 10x ya jawab 10x. Jangan tanya 10x jawab 3x. Tujuh pertanyaan tidak dijawab / direspon. Dari gambar 1 dapat dilihat kecepatan ping adalah > 3.000 ml atau > 3 DETIK.

Bagi kita 3 detik itu cepat sekali. Melamun sebentar 1 menit lebih sudah berlalu. Bagi komputer 3 detik itu sangat lama. Selain itu pada gambar 1 dapat juga dilihat bahwa tanyanya banyak jawabnya sedikit.

Semoga saja hal ini dapat segera diperbaiki untuk menjadi normal.

No comments:

Post a Comment


Powered By Bloomberg