Sunday, May 10, 2009

Rasisme Kompas… Mungkinkah?

image

Meskipun koran ini sudah cukup basi, 4 Mei 2009, namun ada suatu hal menarik yang terlihat. Dengan judul “ADB Tolak Turunkan Bunga Pinjaman”, maka simaklah tulisan-tulisan yang saya angkat di bawah ini.

Di bagian keterangan foto, tertulis nama-nama orang yang sedang berderet di foto itu. Apakah anda mau membacanya? Klik saja gambar tersebut. Anda tidak mau membacanya? Mari saya tuliskan

Para Menteri keuangan yang hadir dalam Sidang Tahunan Bank Pembangunan Asia (ADB) di Nusa Dua Bali, Minggu (3/5), (dari kiri ke kanan) adalah Menteri Keuangan Brunei Pehin Dato Rahman Ibrahim, Menteri Keuangan Kamboja Porn Moniroth, Menteri Keuangan RRC, Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan Jepang Kaoru Yosano, Menteri Keuangan Laos Somdy Douangdy, Menteri Keuangan Korea Selatan Yoon Jeung-hyun, Menteri Keuangan Thailand Korn Chatikavanij, Menteri Keuangan Vietnam Vu Van Ninh, Deputi Menteri Keuangan Malaysia Ahmad Husni, Deputi Menteri Keuangan Myanmar Hla Thein Swe, Sekretaris Keuangan Filipina Margarito Teves, dan menteri Keuangan singapura Tharman Shanmugratnam”

Sudahkah anda mencermati? Apa yang kurang dalam tulisan di atas?

image

Satu hal yang pasti, anda tidak dapat menemukan nama MENTERI KEUANGAN RRC. Suatu kebetulan, di antara nama-nama yang sulit-sulit diketik, ternyata nama Menteri Keuangan RRC “TIDAK ADA”. Adakah kepentingan lain di balik “ini”? Saya seorang pembaca Kompas, cukup aneh membaca arti tersirat dari artikel ini. Apakah memang sang penulis tidak tahu nama Menkeu RRC? ataukah sang penulis lupa? No one knows! Wew, hal ini membuat pembaca menerka-nerka bahwa Artikel tersebut cukup Rasis... Adakah yang dapat memberi penjelasan?

No comments:

Post a Comment


Powered By Bloomberg